Wednesday, June 19, 2024
HomeBerita NasionalGempa Magnitudo 4,8 Guncang Jayapura Papua

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Jayapura Papua

Media Indo Pos,Jakarta – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,8 terjadi di Jayapura, Papua. Gempa tersebut berpusat di laut. BMKG melaporkan gempa terjadi Jumat (7/6/2024), pukul 05.00 WIB. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 4,8, berlokasi di laut pada jarak 179 Km Tenggara Jayapura, Papua,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya.

Adapun episenter gempa terletak pada koordinat 2,79 lintang selatan (LS) dan 142,27 bujur timur (BT). Kekuatan gempa dirasakan di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” lanjut Daryono.

Dia juga menjelaskan gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya subduksi utara Papua. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi utara Papua. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik,” imbuhnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments