Friday, June 21, 2024
HomeTNIPenanganan Bencana Longsor di Pronojiwo, Kerja Sama Solid Antar Stakeholder Berhasil Evakuasi...

Penanganan Bencana Longsor di Pronojiwo, Kerja Sama Solid Antar Stakeholder Berhasil Evakuasi Korban

Media Indo Pos,Lumajang – Bencana longsor yang terjadi pada selasa (4/6/2024) di Dusun Supit, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berlangsung dengan intensif dan koordinasi yang solid dari berbagai stakeholder. Pada Kamis (6/6/2024), tim gabungan yang terdiri dari Forkopimcam Pronojiwo, BPBD, relawan dan komponen masyarakat setempat bekerja keras mengevakuasi korban dan mengamankan area yang terdampak longsor.

Danramil Pronojiwo Kapten Cpm. Dwi Budi Susila mengungkapkan bahwa penanganan bencana kali itu memerlukan penggunaan alat berat seperti excavator, mengingat volume material tanah yang sangat besar dan luasnya area yang terdampak.

“Penanganan bencana kali ini dilaksanakan dengan menggunakan alat berat excavator dan anjing pelacak dari kepolisian, mengingat material tanah yang menimbun korban begitu banyak dan dalam area yang luas. Kami sifatnya mendukung kegiatan yang mampu ditangani secara manual dan perlu pengerjaan secara teknis,” ujarnya.

Operasi evakuasi tersebut melibatkan berbagai pihak, menunjukkan betapa pentingnya kerja sama dan koordinasi dalam penanganan bencana alam. BPBD dan relawan lokal bersama-sama dengan Forkopimcam Pronojiwo berusaha maksimal untuk memastikan keselamatan dan penanganan cepat bagi korban yang terdampak.

Kapolsek Pronojiwo, Iptu Wahono, SH., menyampaikan, bahwa dalam kejadian ini, empat orang meninggal dunia dan dua unit truk tertimbun pasir. Berkat kerja sama yang solid, tiga korban meninggal dunia berhasil dievakuasi dan dua unit truk yang sudah dalam kondisi rusak berat berhasil diamankan.

“Dalam kejadian tersebut menyebabkan 4 orang meninggal dunia, 2 unit truk tertimbun pasir dan berkat kerja sama yang solid, sehingga 3 orang korban meninggal dunia berhasil dievakuasi dan 2 unit truk yang sudah dalam kondisi rusak berat berhasil diamankan,” kata Iptu Wahono.

Sementara itu, Kepala Desa Pronojiwo Murdiono mengatakan, bahwa penanganan bencana longsor di Pronojiwo menjadi bukti nyata bahwa dengan kerja sama dan koordinasi yang baik antara stakeholder, tantangan besar dalam situasi darurat dapat diatasi dengan efektif dan cepat.

“Kami sangat mengapresiasi dengan upaya yang dilakukan oleh semua pihak terkait telah bekerja keras dalam evakuasi dan penanganan bencana ini. Solidaritas dan kerjasama yang kuat sangat membantu kami dalam menghadapi situasi sulit ini,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments