Monday, June 17, 2024
HomeTNIPeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Danrem 142/Tatag Bersama Forkopimda Sulbar Tanam Pisang...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Danrem 142/Tatag Bersama Forkopimda Sulbar Tanam Pisang Jenis Cavendish

Media Indo Pos,Mamuju – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan kegiatan penanaman pisang jenis Cavendish di lahan Ketahanan Pangan Kodim 1418/Mamuju di Dusun Tarawe, Desa Beru-Beru, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (6/6/2024).

Kegiatan ini diadakan sebagai upaya nyata dalam mendukung pelestarian lingkungan dan ketahanan pangan di wilayah Sulawesi Barat. Acara ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulbar Dr. Drs. Bahtiar Baharuddin, M.Si., Wakapolda Sulbar, Forkopimda Sulbar, Kadis Perkebunan Daerah Prov. Sulbar, Kapolresta Mamuju, Dandim 1418/Mamuju, pelajar dan masyarakat setempat.

Dalam peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia, Danrem 142/Tatag Bersama Pj. Gubernur dan Forkopimda Sulbar menanam pohon Pisang jenis Cavendish. Jenis pisang Cavendish dipilih karena memiliki nilai ekonomis tinggi dan mudah dibudidayakan.

Diharapkan, melalui kegiatan ini masyarakat setempat dapat termotivasi untuk menanam pisang jenis ini secara lebih luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan mereka.

Dalam sambutannya, Brigjen Deni menekankan pentingnya peran serta seluruh komponen masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Kawasan demplot ketahanan pangan Kodim Mamuju ini terwujud karena dorongan motivasi dan arahan dari Pj. Gubernur Sulbar, karena mungkin kalau tidak ada dorongan dari beliau demplot ini belum terealisasi,” ujar Danrem.

Ditambahkan, bahwa lahan seluas 10 Ha ini merupakan hibah dari Pemprov Sulbar yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan penyerahan hibah lahan dari Pemprov Sulbar kepada pihak Korem 142/Tatag.

“Dengan kehadiran demplot Kodim 1418/Mamuju akan ikut dirasakan dampaknya oleh masyarakat, dalam arti kata masyarakat sekitar juga akan kami berikan bibit apabila kami menerima bibit bantuan dari pemerintah untuk bersama-sama bertani, guna meningkatkan ketahanan pangan di wilayah ini,” ucapnya.

“Harapan kami dengan adanya demplot Kodim 1418/Mamuju Korem 142/Tatag ini, kerja sama antara TNI dan masyarakat semakin erat, sehingga kita dapat bersama-sama mencapai tujuan ketahanan pangan dan kesejahteraan yang lebih baik,” harap Brigjen Deni.

Selain itu, pada acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga dilaksanakan penyerahan bibit cabai dari Pj. Gubernur Sulbar kepada Danrem 142/Tatag.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments