Wednesday, June 19, 2024
HomeInternationalWorldUkraina Tembak Jatuh 5 Rudal dan 48 Drone Rusia

Ukraina Tembak Jatuh 5 Rudal dan 48 Drone Rusia

Media Indo Pos,Kyiv – Rentetan serangan rudal dan drone Rusia menghujani sedikitnya sembilan wilayah berbeda di Ukraina pada Kamis (6/6) waktu setempat. Angkatan Udara Ukraina mengklaim berhasil menembak jatuh lima rudal dan 48 drone dari total 53 drone yang diluncurkan militer Rusia.

Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (7/6/2025), pasukan militer Rusia menyerang wilayah Kyiv dengan rentetan drone dan rudal Kh-101/Kh-555, yang memicu kebakaran di salah satu fasilitas industri.

Layanan darurat dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi kebakaran pada Jumat (7/6) pagi waktu setempat. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa.

Gubernur wilayah Kharkiv, Oleh Syniehubov, menyebut serangan drone menghancurkan kaca-kaca jendela di setidaknya tiga gedung permukiman di wilayah tersebut, memicu kerusakan pada sebuah toko dan sebuah kantor pos, serta infrastruktur lokal lainnya.

Tiga drone di antaranya, sebut Syniehubov, ditembak jatuh dan dihancurkan di wilayah Dnipropetrovsk.

Gubernur Kirovohrad, dalam pernyataan terpisah, mengatakan serangan itu tidak memicu kerusakan di wilayahnya, setelah militer Ukraina melaporkan telah menembak jatuh satu drone.

Sementara Gubernur Khmelnytskyi juga melaporkan tidak ada kerusakan di wilayahnya, setelah mengumumkan bahwa Angkatan Udara Ukraina menembak jatuh 11 target di wilayahnya.

Militer Ukraina, dalam pernyataannya, menyebut tujuh drone ditembak jatuh di wilayah Odesa, bagian selatan negara tersebut. Tiga drone lainnya, sebut militer Ukraina, ditembak jatuh di wilayah Kherson dan dua drone lainnya ditembak jatuh di wilayah Mykolaiv.

Wakil Menteri Energi Ukraina, Mykola Kolisnysk, menuturkan bahwa serangan-serangan drone itu tidak merusak infrastruktur energi apa pun.

Rusia semakin sering menargetkan infrastruktur energi Ukraina pada musim semi ini dalam serangan gabungan yang mengakibatkan kerusakan pada kapasitas pembangkit listrik, sehingga memicu pemadaman listrik di seluruh wilayah negara tersebut.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments