Monday, June 17, 2024
HomeBisnisFinanceZulhas Sanksi Keras Pengusaha Bawang Putih Tak Realisasi Impor

Zulhas Sanksi Keras Pengusaha Bawang Putih Tak Realisasi Impor

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas mengancam akan mencabut persetujuan impor (PI) bagi pengusaha atau importir bawang putih yang tidak segera merealisasikan PI-nya tersebut. Hal ini menyusul dari rendahnya realisasi impor yang dilakukan importir bawang putih.

“Iya dong cabut izinnya (PI). Saya nggak ketemu orangnya, itu aja PI diblokir, gitu aja,” kata dia ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

Zulhas menyebut jika tidak segera realisasi, importir bawang putih itu juga blacklist. Sanksi ini juga berlaku bagi importir daging hingga gula.

“Apa saja (sanksinya cabut PI), (importir) daging, semua, ya gula. Kalau dikasih (izin impor) nggak kerja, diblacklist,” tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkap bahwa realisasi impor bawang putih oleh pengusaha sangat kecil. Padahal Kemendag telah memberikan persetujuan impor (PI) sebanyak 349.290 ton.

Tetapi realisasi impor yang dilakukan pelaku usaha hanya 162.139 ton, persentasenya 46,42%. Adapun ketetapan impor bawang putih tahun ini sebanyak 669.526 ton. Data ini diungkap dalam rapat koordinasi inflasi di Kementerian Dalam Negeri.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments