Monday, June 17, 2024
HomeTNIAkibat Kurang Faham Kelistrikan, Dapur Rumah Warga di Ligung Hangus Terbakar

Akibat Kurang Faham Kelistrikan, Dapur Rumah Warga di Ligung Hangus Terbakar

Media Indo Pos,Majalengka – Kebakaran satu unit dapur rumah warga terjadi di Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jumat (7/6/2024) siang, kebarakaran terjadi akibat kurangnya pemahaman tentang kelistrikan si pemilik rumah.

“Satu unit dapur rumah milik Ibu Darwinah (49) yang beralamat di Dusun Dukuh Asih RT. 01/RW. 06, Desa Sukawera mengalami kebakaran, petugas Damkar mengerahkan dua unit Damkar untuk memadamkan api,” kata Danramil 1713/Ligung Kapten Inf. Sarna, Jumat (7/6/2024).

Menurut Danramil, peristiwa itu terjadi pada pukul 14.30 WIB, diduga akibat konsleting listrik arus pendek, pada saat pemilik rumah sedang memasak/menghangatkan nasi di Magicom.

Danramil menjelaskan, bahwa saat staker magicom di koneksikan ke arus AC Listrik, terjadi penurunan arus daya di Meteran MCB PLN, tetapi karena kurangnya pemahaman kelistrikan. Pemilik rumah terus memaksa menaikan tegangan arus AC di MCB Meteran PLN.

Lanjutnya, tanpa disadari pemilik rumah, Magicom yang masih terkoneksi dengan arus AC, mengeluarkan api dikabel Magicom dan api merambat menuju terminal sambungan kabel yang terkoneksi dengan material kayu di dapur.

“Akibat dari kejadian ini, tidak ada korban jiwa sedangkan kerugian materiil diperkirakan mencapai 15 juta rupiah. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 14.50 WIB oleh petugas Damkar yang dibantu anggota Koramil Ligung, Polsek Ligung dan warga setempat,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments