Saturday, June 22, 2024
HomePolitikAnalisis Bos PPI Soal Peluang PDIP-Anies Baswedan Berkoalisi di Pilkada Jakarta

Analisis Bos PPI Soal Peluang PDIP-Anies Baswedan Berkoalisi di Pilkada Jakarta

Media Indo Pos,Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan PDIP saling memuji dengan kata ‘menarik’. Apakah keduanya berpeluang berkoalisi di Pilkada Jakarta?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan ada peluang besar PDIP dan Anies berkoalisi di Pilkada Jakarta karena terlihat memiliki kepentingan politik yang sama. Adi juga menilai saat ini memasuki era politik tanpa ideologi.

“Sangat mungkin PDIP-Anies berkoalisi. Saya termasuk yang haqqul yaqin jika kepentingan politik Anies-PDIP padu, keduanya bisa bersama di pilkada Jakarta. Saat ini kita memasuki musim semi politik tanpa sekat dan politik tanpa ideologi. Buktinya sudah banyak,” kata Adi kepada wartawan, Sabtu (8/6/2024).

Adi mengambil contoh pada Pilpres 2024 yang menyatukan Jokowi dengan Prabowo, serta PKB dengan PKS. Begitu juga dengan Anies yang jadi berseberangan dengan Jokowi dan Prabowo.

“Misalnya Jokowi berkoalisi dengan Prabowo. PKB dan PKS berkoalisi, termasuk Anies yang dulu orang Jokowi dan Prabowo dan kini berseberangan. Tiga contoh ini jadi penebal bahwa kita semua memasuki era di mana ‘kepentingan bersama’ jadi ideologi baru dalam politik,” ucap Adi.

Balasan ‘menarik’ Anies ke PDIP, menurut Adi, menjadi sinyal kuat keduanya bersatu di Pilkada Jakarta. Meski begitu, kata Adi, saat ini tidak bisa buru-buru disimpulkan sebab dinamika pilkada baru berjalan.

“Balas pantun PDIP-Anies dinilai publik jadi sinyalemen kalau keduanya sangat mungkin kerja sama dalam Pilkada Jakarta,” ujarnya.

“Meski begitu, kita sebenarnya tak perlu buru-buru menyimpulkan bahwa PDIP dan Anies bisa berkoalisi. Jangan-jangan itu hanya sebatas pernyataan normatif biasa tanpa motif politik elektoral apapun,” lanjut Adi.

PDIP dan Anies Baswedan sebelumnya saling melempar pujian terkait peluang dalam Pilkada Jakarta 2024. Keduanya saling menunjukkan ketertarikan. Awal mula saling lempar pujian ini dimulai dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Saat itu, Puan berbicara terkait peluang mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusung dalam Pilkada Jakarta. Puan mengatakan Anies cukup menarik.

Hal itu disampaikan Puan saat menjawab terkait nama Anies turut diperhitungkan atau tidak untuk diusung PDIP dalam Pilkada Jakarta.

“Menarik juga Pak Anies,” kata Puan di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Anies Baswedan menjawab pernyataan Puan Maharani. Dia akan melihat situasi terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan. “PDIP juga menarik, jadi sambil kita lihat hari-hari ini, mudah-mudahan sampai pada kesimpulan,” kata Anies, kepada wartawan, di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (7/6).(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments