Friday, June 14, 2024
HomeBerita NasionalEks Penyidik Ingatkan Pentingnya Posisi Jubir KPK

Eks Penyidik Ingatkan Pentingnya Posisi Jubir KPK

Media Indo Pos,Jakarta – Jabatan juru bicara (jubir) di KPK kini resmi diemban oleh Tessa Mahardhika Sugiarto usai sebelumnya dijabat oleh Ali Fikri. Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap mengingatkan pentingnya posisi jubir di KPK sebagai salah satu representasi citra lembaga.

“Jubir KPK yang baru dia harus sadar diri dalam menempatkan posisinya sebagai jubir lembaga dan menyampaikan sesuatu kepada masyarakat secara lugas dan tegas dengan data-data yang valid. Dia penyambung internal KPK dan luar KPK,” kata Yudi kepada wartawan, Jumat (7/6/2024).

Yudi mengatakan ada beban berat yang dipikul Tessa saat mulai bertugas sebagai jubir KPK. Dia menilai jabatan jubir bukan hanya sebatas Tessa tampil di depan media.

“Menjadi jubir KPK bukan sebatas jabatan atau tampil di media tapi sebagai wajah KPK untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada KPK,” ujar Yudi.

Yudi mengaku mengenal Tessa saat sama-sama bertugas sebagai penyidik di KPK. Dia yakin Tessa memiliki kecakapan dalam mengemban tugas sebagai jubir.

Lebih lanjut, Yudi meminta Tessa untuk berbicara secara lugas dan sesuai data valid saat menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dia mengingatkan Tessa untuk menjadi jubir lembaga bukan jubir perorangan pimpinan.

“Pergantian Jubir KPK saat ini menurut saya merupakan waktu yang tepat karna Jubir KPK memiliki peranan penting sebagai jubir lembaga bukan jubir perorangan pimpinan apalagi membela-bela pimpinan,” tutur Yudi.

Tessa Mahardikha Sugiarto Jadi Jubir KPK
KPK memperkenalkan jubir barunya Tessa Mahardhika Sugiarto. Tessa bukan wajah baru di KPK karena merupakan salah satu penyidik senior di lembaga antirasuah tersebut. Momen perkenalan itu dilakukan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (7/6). Tessa diperkenalkan oleh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati.

“Dalam SK ditugaskan pertama Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai jubir, dan kemudian juga ada Budi Prasetyo, dan ada juga beberapa tim di bawah kepemimpinan jubir,” kata Yuyuk.

“Penugasan jubir ini berlaku efektif hari ini. Jadi saya memperkenalkan teman-teman tentang jubir dan tim jubir yang baru ini. Hari ini langsung bertugas,” sambungnya.

Tessa merupakan penyidik KPK dari Polri. Namanya diketahui pernah mengikuti seleksi Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK pada 2020 dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I pada 2023.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments