Friday, June 14, 2024
HomeBerita NasionalKetua KPK Bantah Pergantian Ali Fikri dari Jubir Mendadak

Ketua KPK Bantah Pergantian Ali Fikri dari Jubir Mendadak

Media Indo Pos,Jakarta – Ali Fikri kini telah diberhentikan dari posisi Plt Juru Bicara (Jubir) KPK. Ketua KPK Nawawi Pomolango membantah pergantian Jubir KPK dari Ali dilakukan secara mendadak.

“Proses rencana pergantian sudah lama berjalan. Mas Ali telah cukup lama menjadi Plt Jubir dan sekarang ini sudah memegang jabatan Kepala Bagian Pemberitaan,” kata Nawawi saat dihubungi, Jumat (7/6/2024).

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron juga membantah pergantian posisi kepada Ali Fikri berlangsung mendadak. Ghufron mengatakan Ali telah mengemban posisi Plt Jubir KPK hampir lima tahun terakhir.

Ghufron mengatakan proses pergantian Jubir KPK juga pernah dilakukan sejak dua tahun lalu. Saat itu KPK melakukan seleksi eksternal untuk mendapatkan sosok yang tepat di posisi jubir.

“Dua tahun yang lalu sudah rekrutmen (tapi) tidak dapat,” kata Ghufron.

Proses Internal
Dia menjelaskan KPK lalu melakukan seleksi internal untuk posisi jubir hingga jabatan tersebut kini diemban oleh Tessa Mahardhika Sugiarto. Ghufron mengatakan Tessa telah melalui seleksi administrasi hingga wawancara.

“Karena prosesnya dari internal, tentu tidak pengumuman macam-macam, tinggal pilih yang memenuhi administrasi dan kita wawancara. Semuanya proses ke-SDM-an yang lumrah saja,” ujar Ghufron.

Tessa Mahardhika Sugiarto Jadi Jubir KPK
KPK memperkenalkan jubir barunya Tessa Mahardhika Sugiarto. Tessa bukan wajah baru di KPK karena merupakan salah satu penyidik senior di lembaga antirasuah tersebut.

Momen perkenalan itu dilakukan di gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Tessa diperkenalkan oleh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati.

“Dalam SK ditugaskan pertama Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai jubir, dan kemudian juga ada Budi Prasetyo, dan ada juga beberapa tim di bawah kepemimpinan jubir,” kata Yuyuk.

“Penugasan jubir ini berlaku efektif hari ini. Jadi saya memperkenalkan teman-teman tentang jubir dan tim jubir yang baru ini. Hari ini langsung bertugas,” sambungnya.

Tessa merupakan penyidik KPK dari Polri. Namanya diketahui pernah mengikuti seleksi Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK pada 2020 dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I pada 2023.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments