Monday, June 17, 2024
HomeBerita NasionalNawawi Harap Jubir Baru Tak Hadapi Benturan Kepentingan Saat Bertugas

Nawawi Harap Jubir Baru Tak Hadapi Benturan Kepentingan Saat Bertugas

Media Indo Pos,Jakarta – KPK resmi menunjuk Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai Juru Bicara (Jubir) definitif. Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango mengatakan sejak 2017 Tessa sudah mundur dari anggota Polri dan menjadi pegawai tetap di komisi antirausah itu.

“Mas Tessa awalnya memang anggota Polri, tapi kemudian sejak tahun 2017 yang bersangkutan telah memilih mundur dan menjadi Pegawai tetap KPK (bukan lagi PNYD),” kata Nawawi kepada wartawan, Sabtu (8/6/2024).

Oleh karena itu, Nawawi berharap Tessa tak dihadapkan oleh benturan kepentingan selama bertugas sebagai Juru Bicara KPK. “Dengan itu tentu kita berharap dalam posisinya sebagai jubir, yang bersangkutan tidak akan terhadapkan pada situasi benturan-benturan kepentingan dengan pihak lembaga lainnya,” jelasnya.

Seperti diketahui, KPK telah mengumumkan jubir definitif kini dijabat oleh Tessa Mahardhika Sugiarto. Nawawi sebelumnya menjelaskan alasan pergantian jubir sebagai penyegaran internal.

Sebagai informasi, sejak 2019 KPK tidak memiliki jubir definitif. Posisi Jubir KPK sebelumnya dilaksanakan oleh Febri Diansyah, yang menjabat Kabiro Humas KPK.

Ketua KPK saat itu, Firli Bahuri, kemudian menunjuk dua orang Plt Jubir KPK pada 2019. Mereka ialah Ali Fikri untuk bidang penindakan dan Ipi Maryati untuk bidang pencegahan.

Febri kemudian mundur dari KPK pada 2020. Setelah itu, Ali Fikri dilantik sebagai Kabag Pemberitaan KPK sejak 2022. Meski demikian, Ali tetap menjalankan tugas sebagai Plt Jubir KPK Bidang penindakan.

Tessa merupakan penyidik KPK dari Polri. Namanya diketahui pernah mengikuti seleksi Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK pada 2020 dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I pada 2023.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments