Wednesday, June 19, 2024
HomeBerita NasionalLegislator Yakin Tessa Tak Mendadak Jadi Jubir KPK

Legislator Yakin Tessa Tak Mendadak Jadi Jubir KPK

Media Indo Pos,Jakarta – Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan menganggap tidak ada yang istimewa dengan penggantian Juru Bicara (Jubir) KPK, dari Plt Jubir KPK Ali Fikri menjadi Tessa Mahardika Sugiarto. Menurutnya, penggantian itu juga tidak mungkin terjadi secara mendadak.

“Iya nggak ada yang istimewa ya dengan penggantian jubir, toh juga Ali Fikri sudah lama, ada kemudian proses promosi mutasi, itu biasa, apa lagi di KPK kalau mendadak nggak mungkin, semua ada sistem kan, dan sistem mereka sudah mapan, dan proses seleksinya mereka sudah terukur. Jadi menurut saya tidak terlambat,” kata Trimedya saat dihubungi, Sabtu (8/6/2024).

Trimedya juga menilai penggantian Jubir KPK ini tidak akan memengaruhi kinerja KPK. Dia hanya berharap KPK bisa lebih artikulatif dengan adanya jubir baru.

“Apa lagi kalau jubir ini kan sebenarnya dia hanya corong saja, nggak ada kewenangan yang melekat sama dia, kalau dulu yang paling jago Johan Budi, tiap Jumat pengumuman (tersangka), ‘Pasal 184, 2 alat bukti terpenuhi’. Nggak ada yang istimewa, kita berharap dengan jubir baru ini KPK lebih artikulatif apa kinerja mereka gitu,” ucapnya.

Namun demikian, dia bisa memahami kenapa ini akhirnya menjadi polemik. Dia menyinggung posisi Tessa yang merupakan mantan anggota Polri.

“Orang curiga karena merasa polisi sudah terlalu dominan di KPK, dengan jubirnya KPK, ya dianggap APH (aparat penegak hukum) lain, polisi atau jaksa, ingin mengkooptasi KPK. Nah mungkin kecurigaan-kecurigaan itu, salah sangka itu, menganggap penggantian Ali Fikri dalam rangka itu. Jadi anggap KPK ini cabang kejaksaan dan kepolisian,” jelasnya.

“Nah itu yang membuat ada ya kecurigaan. Kalau nggak ada kecurigaan kan nggak mungkin ada pemberitaan. Padahal selama ini kalau ada pemberitaan seperti ini tak perlu komentar. Sama seperti penunjukan deputi atau apa. Paling kalau diminta apa segala macem,” lanjut dia.

Tessa Mahardhika Sugiarto Jadi Jubir KPK
KPK memperkenalkan jubir barunya Tessa Mahardhika Sugiarto. Tessa bukan wajah baru di KPK karena merupakan salah satu penyidik senior di lembaga antirasuah tersebut.

Momen perkenalan itu dilakukan di gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (7/6). Tessa diperkenalkan oleh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati.

“Dalam SK ditugaskan pertama Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai jubir, dan kemudian juga ada Budi Prasetyo, dan ada juga beberapa tim di bawah kepemimpinan jubir,” kata Yuyuk.

“Penugasan jubir ini berlaku efektif hari ini. Jadi saya memperkenalkan teman-teman tentang jubir dan tim jubir yang baru ini. Hari ini langsung bertugas,” sambungnya.

Tessa merupakan penyidik KPK dari Polri. Namanya diketahui pernah mengikuti seleksi Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK pada 2020 dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I pada 2023.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments