Monday, June 17, 2024
HomeTNIPeringati Hari laut Sedunia, Danrem 142/Tatag Bersama Forkopimda Sulbar Lepas Tukik dan...

Peringati Hari laut Sedunia, Danrem 142/Tatag Bersama Forkopimda Sulbar Lepas Tukik dan Drum untuk Menjaga Ekosistem Laut

Media Indo Pos,Mamuju – Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia, Komandan Korem (Danrem) 142/Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki, S.E., M.Si., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Barat mengadakan kegiatan pelepasan tukik dan penenggelaman drum di perairan sekitar Pantai Landi, Kelurahan Rangas, kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (9/6/2024)

Kegiatan ini dihadiri Pj. Gubernur Sulbar Dr. Drs. Bahtiar Baharuddin, M.Si., Forkopimda Sulbar, Sekda Prov Sulbar, pelajar, beserta tamu undangan dan masyarakat setempat. Tujuan dari kegiatan ini untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi laut.

Brigjen Deni menyatakan komitmen TNI dalam mendukung pelestarian lingkungan khususnya ekosistem laut yang memiliki peran vital dalam kehidupan. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk nyata kepedulian kita terhadap lingkungan laut dan masa depan generasi mendatang,” ujar Brigjen Deni.

Pelepasan tukik atau anak penyu dilakukan sebagai bagian dari upaya konservasi spesies penyu yang saat ini terancam punah. Penyu memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut dan diharapkan dapat membantu meningkatkan populasi penyu di perairan Sulawesi Barat.

“Selain pelepasan tukik, kegiatan penenggelaman drum dilakukan untuk menciptakan terumbu buatan yang dapat menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. Terumbu buatan ini diharapkan dapat membantu memperbaiki kondisi terumbu karang yang rusak dan menyediakan tempat berlindung bagi ikan,” tandasnya.

PJ Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharudin yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Korem 142/Tatag. “Kegiatan ini sangat penting untuk menjaga kelestarian laut kita. Mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan laut demi kesejahteraan kita semua,” kata Pj. Gubernur.

Bahtiar juga mengapresiasi sejumlah pemuda dalam hal ini pemerhati lingkungan dan manakarra Snorkling yang terlibat dalam upaya pelestarian terumbu karang di Mamuju. Menurutnya semakin banyak pemuda terlibat akan semakin baik.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem laut dan menginspirasi aksi-aksi nyata lainnya dalam upaya pelestarian lingkungan.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments