Monday, June 17, 2024
HomeInternationalWorld2 Pesawat Airbus Nyaris Tabrakan di Bandara Mumbai

2 Pesawat Airbus Nyaris Tabrakan di Bandara Mumbai

Media Indo Pos,Mumbai – Dua pesawat penumpang jenis Airbus A320neo milik maskapai IndiGo dan Air India nyaris bertabrakan di landasan bandara Mumbai, India. Seorang operator lalu lintas udara (ATC) pada bandara tersebut dinonaktifkan dari tugasnya, dengan penyelidikan sedang dilakukan oleh otoritas penerbangan India.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin (10/6/2024), dalam insiden yang terjadi pada Sabtu (8/6) waktu setempat, sebuah pesawat maskapai IndiGo mendarat di landasan Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj Mumbai saat sebuah pesawat lainnya milik maskapai Air India lepas landas dari landasan yang sama.

Rekaman insiden tersebut yang beredar luas di media sosial menunjukkan betapa dekatnya jarak kedua pesawat penumpang tersebut, di mana pesawat maskapai IndiGo mendarat hanya beberapa detik setelah pesawat Air India lepas landas.

Menurut layanan pelacakan penerbangan Flightradar24, kedua pesawat itu berjarak hanya 509 meter satu sama ain secara lateral pada titik terdekatnya selama insiden terjadi, dan berjarak sekitar 511 meter ketika pesawat maskapai Air India menaiki ketinggian saat lepas landas.

Data Flightradar24 menunjukkan bahwa pesawat maskapai IndiGo menyentuh landasan sekitar tiga detik usai pesawat Air India mengudara.

Pesawat maskapai IndiGo dengan nomor penerbangan 6E5053 itu baru tiba dari Indore, negara bagian Madhya Pradesh. Sedangkan pesawat maskapai Air India dengan nomor penerbangan AI657 mengudara ke Thiruvananthapuram, ibu kota negara bagian Kerala.

Kedua pesawat yang terlibat dalam insiden tersebut sama-sama jenis Airbus A320neo.

Operator ATC Dinonaktifkan Buntut Insiden Nyaris Tabrakan di Mumbai
Menurut laporan media lokal Deccan Herald, Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India telah “menonaktifkan” seorang operator ATC yang terlibat insiden tersebut.

Regulator penerbangan India juga telah meluncurkan penyelidikan terhadap insiden tersebut.

Maskapai IndiGo dan Air India, dalam pernyataan masing-masing, sama-sama menegaskan pihaknya telah mematuhi instruksi yang diberikan oleh operator ATC. Dijelaskan oleh maskapai IndiGo bahwa pesawatnya telah “mendapatkan izin mendarat” oleh operator ATC pada bandara Mumbai.

“Pilot yang memimpin penerbangan melanjutkan pendekatan dan pendaratan, serta mengikuti instruksi (ATC),” demikian penjelasan maskapai IndiGo.

“Di IndiGo, keselamatan penumpang menjadi hal yang terpenting bagi kami, dan kami telah melaporkan insiden itu sesuai prosedur,” imbuh maskapai tersebut.

Sementara itu, maskapai Air India menjelaskan bahwa pesawatnya juga telah “diizinkan oleh operator lalu lintas udara untuk memasuki landasan dan kemudian diizinkan untuk lepas landas”.

“Pesawat Air India melanjutkan proses lepas landas sesuai dengan prosedur yang ditetapkan,” tegas maskapai Air India dalam pernyataannya.

“Penyelidikan telah dimulai oleh otoritas terkait untuk mengetahui lebih lanjut soal izin yang diberikan kepada maskapai penerbangan,” sebut pernyataan itu.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments