Monday, June 17, 2024
HomeTNIDanramil 14/GT Menghadiri Simulasi Gempa Bumi KTB Rintisan Kemetiran Lor

Danramil 14/GT Menghadiri Simulasi Gempa Bumi KTB Rintisan Kemetiran Lor

Media Indo Pos,Yogyakarta – Danramil 14/Gedongtengen Kapten Inf. Djoko Sutikno menghadiri kegiatan simulasi bencana gempa bumi Kampung Tangguh Bencana (KTB), Kampung Kemetiran Lor, Kelurahan Pringgokusuman, Kemantren Gedongtengen, Minggu (09/06/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh PJ. Wali Kota Yogyakarta Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A., Mantri Pamong Praja Kemantren Gedongtengen Drs. Ananto Wibowo M.I.P., Danramil 14 Gedongtengen Kapten Inf. Djoko Sutikno, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta anggota KTB Kampung Kemetiran Lor.

Dalam sambutanya, PJ. Wali Kota, bahwa KTB dalam upaya mitigasi bencana memegang peranan penting untuk membentuk kampung yang tangguh dan tanggap. Selain itu, KTB juga sebagai upaya Pemerintah dalam membangun kesiapsiagaan bencana. Hal ini penting agar warga masyarakat paham dan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

“Kesiapan itu memerlukan simulasi seperti ini, sebuah kegiatan yang harus dilatih terus tapi kita berdoa semoga ini tidak dipraktekkan. Harapannya agar kita semua terus waspada dan dapat meminimalisir kerugian-kerugian juga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Sugeng Purwanto memimpin pengukuhan pengurus KTB kemetiran lor dan menyerahkan SK KTB Kemetiran lor kepada Ketua KTB Kemetiran Lor Deny Setiawan. Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Kampung Kemetiran lor yang dengan kompak melakukan simulasi bencana gempa bumi.

“Selamat kepada pengurus yang telah dikukuhkan, harapannya untuk siap siaga selalu, waspada setiap saat agar bisa mengayomi dan melindungi warganya,” tambahnya.

Menurutnya, bencana gempa bumi merupakan tema yang bagus, karena gempa bumi tidak bisa diprediksi dan membutuhkan kesiapsiagaan warga yang matang. Dengan dilaksanakan pengukuhan KTB ini dapat terjalin komunikasi dan kolaborasi yang baik antar pengurus, warga dan berbagai pihak dalam mitigasi bencana di Kota Yogyakarta, serta jiwa gotong royong yang terjalin semakin kuat dan kompak.

Deny Setiawan mengungkapkan, pembentukan pengurus KTB Kemetiran lor telah disusun dengan sebaik-baiknya. Pengurus KTB yang ditunjuk telah disesuaikan dengan keahlian dan latar belakang masing-masing.

“Kami berharap dengan kegiatan simulasi seperti ini bisa membuat kami lebih optimal dan setiap pengurus menjadi tambah pengalaman. Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kami sudah siap mengevakuasi untuk membantu warga,” jelasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments