Wednesday, June 19, 2024
HomeBerita NasionalGunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Media Indo Pos,Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan telah terjadi erupsi yang melontarkan abu vulkanik setinggi 800 meter dari kawah Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Letutsan itu terjadi pukul 07.20 WITA.

“Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 41,4 milimeter dan durasi 303 detik,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Adzan Anugrah Indiarsyah dilansir dari Antara, Senin (10/6/2024).

Adzan mengatakan kolom abu vulkanik tampak berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Gunung Lewotobi yang memiliki ketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut tersebut adalah gunung berapi kembar yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores.

Gunung itu terdiri dari dua puncak, yaitu Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan. PVMBG memantau secara visual dan instrumental Gunung dari pos pengamatan yang berlokasi di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki untuk tidak melukai aktivitas apapun dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi serta sektoral 3 kilometer pada arah utara-timur laut dan 5 kilometer pada sektor timur laut. Masyarakat diminta tetap tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah.

“Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi,” pungkas Adzan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments