Wednesday, June 19, 2024
HomeTNIBersama Relawan, Babinsa Kratonan Ikuti Rapat Pembahasan Penanganan ODGJ

Bersama Relawan, Babinsa Kratonan Ikuti Rapat Pembahasan Penanganan ODGJ

Media Indo Pos,Surakarta – Babinsa Kelurahan Kratonan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Sertu Suwarno dan Koptu Resbiyanto mengikuti sosialisasi penanganan dan pengendalian Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), yang dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Kratonan Jl. Pringgodani No.32, Serengan, Selasa (11/06/24).

Dikatakan Koptu Resbiyanto, kegiatan ini merupakan program dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta bersama para relawan, mengingat kesehatan jiwa ini merupakan masalah pelik tidak hanya bagi negara tetapi masyarakat juga. Untuk itu, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat juga ikut berperan dalam mencegah dan menangani ODGJ di sekitarnya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk memberikan perhatian dan bantuan kepada ODGJ, serta meningkatkan pemahaman dan keterlibatan masyarakat dalam pemberdayaan mereka,” tuturnya.

Sementara itu, dalam sosialisasi ini ada beberapa hal yang disampaikan oleh narasumber Ibu Retno, di antaranya dalam menangani masalah kesehatan jiwa yakni mendeteksi dini kasus kesehatan jiwa, menangani pasien ODGJ, dan rehabilitasi sosial. Dengan program tersebut harapannya bisa optimal dalam hal penanganannya.

Perlu diketahui pula, bahwa ODGJ tidak harus dirujuk tetapi lebih pada dukungan moral dari keluarga dan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ODGJ tersebut dihadiri oleh Kepala Kelurahan Ibu Pratiwi, SE., M.Si., Ibu Retno selaku narasumber, Kepala Puskesmas Kelurahan Kratonan Dr. Lima. Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Ketua RT/RW se-Kelurahan Kratonan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments