Tuesday, June 25, 2024
HomeHukum & KriminalDisdik Jabar Bicara Soal Siswi SMK di KBB Diduga Dibully Hingga Tewas

Disdik Jabar Bicara Soal Siswi SMK di KBB Diduga Dibully Hingga Tewas

Media Indo Pos,Jakarta – Siswi SMK di Kabupaten Bandung Barat inisial NFN (18) meninggal dunia diduga karena di-bully oleh temannya selama 3 tahun. Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) minta guru bimbingan konseling (BK) di sekolah berperan aktif menyediakan ruang konseling untuk para murid.

Plh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ade Afriandi mengatakan guru berperan penting melakukan pencegahan dan penanganan jika terjadi perundungan. Karena itu, dia meminta kepala sekolah mengaktifkan peran guru BK.

“Belajar dari kasus ini, saya meminta seluruh kepala satuan pendidikan, baik negeri maupun swasta, untuk mengaktifkan peran guru BK dan menyediakan ruang konsultasi, minimal curhat-curhatanlah siswa itu,” kata Ade dilansir dari detikJabar, Selasa (11/6/2024).

Ade menyebut Disdik Jabar sedang berupaya menguatkan kembali peran guru BK sebagai ‘teman’ siswa di sekolah. Sekolah, kata dia, juga harus memberi ruang kepada guru BK untuk aktif memperhatikan siswanya.

“Saya minta kepala sekolah untuk menguatkan, jangan memposisikan kalau dibutuhkan saja guru BK itu. Jadi beri ruang untuk guru BK memperhatikan siswa,” tegasnya.

Selain guru BK, peran orang tua di rumah tidak kalah penting mencegah dampak serius dari perundungan. Ade menuturkan orang tua harus bisa mengajak anak-anaknya mengungkap keluh kesah atas apa yang dialami di sekolah.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments