Friday, June 21, 2024
HomeBerita NasionalTempe Didukung Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Tempe Didukung Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Media Indo Pos,Jakarta – Tempe diajukan sebagai warisan budaya tak benda atau Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity kepada Sekretariat UNESCO. Proses ini telah berlangsung sejak Maret 2024.

FKS Multi Agro sebagai distributor kedelai menyambut baik inisiatif tersebut dengan turut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap produk tempe. Realisasinya pada peringatan Hari Tempe Nasional tanggal 6 Juni 2024, FKS turut berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan yang mengusung tema Tempe: Pangan Generasi Emas Indonesia, kegiatan ini diselenggarakan di Balikpapan, bekerja sama dengan Forum Tempe Indonesia.

“Pemerintah mendukung Tempe ke UNESCO, tidak hanya saya sebagai pejabat Gubernur Kalimantan Timur tapi saya sudah bicara ke BAPANAS untuk memastikan stok kedelai dan harganya sehingga perajin tempe mudah untuk mendapatkan kedelai,” tegas Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dikutip Selasa (11/6/2024).

FKS memberikan dukungan dalam upaya pelestarian tempe yang merupakan warisan nenek moyang Nusantara. Agar semangat pelestarian dapat terus digaungkan, pihaknya berharap berbagai acara serupa dapat terus dilaksanakan sehingga masyarakat Indonesia maupun mancanegara bisa lebih mengenal tempe sebagai pangan yang kaya akan nutrisi asli Indonesia.

”Kami mewakili FKS Multi Agro turut berbangga atas penyelenggaraan acara hari ini. Antusiasme dan semangat para peserta memberikan gambaran bahwa rasa memiliki kita terhadap Tempe sangat besar. Mewakili manajemen kami menyampaikan dukungan atas rencana pemerintah untuk mendaftarkan tempe sebagai warisan budaya nusantara yang diakui UNESCO, semoga semua pihak yang berkepentingan dapat terus berkontribusi dan merealisasikan dukungan sesuai dengan kemampuan dan perannya masing-masing”, ungkap perwakilan manajemen FKS Multi Agro Hairudin Ali.

Sementara itu Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin mengatakan bahwa Tempe sudah diekspor ke lebih dari 20 negara, sehingga harus bangga dengan Tempe, seperti Korea dengan Kimchi dan Jepang dengan Sushi.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments