Tuesday, July 23, 2024
HomeHukum & KriminalFakta Janda Terbuai Rayuan Pegawai Pajak Gadungan Hingga Yaris Amblas

Fakta Janda Terbuai Rayuan Pegawai Pajak Gadungan Hingga Yaris Amblas

Media Indo Pos,Malang – Malang nasib seorang janda di Kabupaten Malang. Mobil Toyota Yaris miliknya dibawa kabur pria kenalan yang mengaku pegawai pajak.

Ternyata, IS (42) bukanlah korban satu-satunya. Tersangka asal Kota Madiun BA (51) sudah berkali-kali memperdaya perempuan untuk keuntungan ekonomi. Berikut sejumlah fakta janda tertipu rayuan pegawai pajak gadungan:

1. Berawal dari Perkenalan di Aplikasi Perjodohan
Kasat Reskrim Polres Malang AKP Gandha Syah Hidayat menjelaskan, korban dan tersangka awalnya berkenalan melalui aplikasi perjodohan pada Mei 2024. Pelaku yang pengangguran saat itu mengaku sebagai pegawai pajak Pratama Surabaya.

“Tersangka ini mengaku berstatus seorang duda dan bekerja sebagai pegawai Kantor Pajak Pratama Surabaya dengan menunjukkan kartu identitas tanda pengenal, kemudian berkenalan lah dengan korban,” ujar Gandha, Selasa (11/6/2024).

2. Kronologi Yaris Dibawa Kabur Tersangka
Usai berkenalan melalui aplikasi, tersangka mengajak korban bertemu secara langsung. Korban yang bekerja di bidang bisnis properti menyambut baik ajakan tersebut dengan harapan bisa menjalin relasi.

Pada 17 Mei 2024, tersangka bertandang ke Malang menemui korban dan menyaru hendak membeli lahan perumahan. Korban yang terperdaya buaian manis pelaku, sempat ikut mengantar tersangka mencarikan lahan perumahan dan tanah kavling.

Korban kemudian mengajak pelaku ke rumah kawannya di perumahan Desa Sukodari, Kecamatan Wagir. Selama ini, rumah beserta kendaraan mobil Toyota Yaris tersebut dipercayakan kepada korban karena kawannya berada di luar negeri.

Saat itulah tersangka gelap mata melihat kunci mobil Toyota Yaris seri S tahun 2023 dan berniat menguasai mobil tersebut. Hingga akhirnya ketika ada kesempatan saat korban keluar rumah sebentar, pelaku mengambil mobil tersebut dan melarikan diri ke Sidoarjo, Jawa Timur.

“Korban pergi keluar sebentar dan meninggalkan kunci kontak mobil Yaris ini berada di atas bufet TV, oleh tersangka kemudian diambil kunci kontak tersebut, langsung membawa kabur mobil ini,” jelas Gandha.

3. Tersangka Diamankan di Hotel
Gandha mengatakan, pihaknya segera melakukan penyelidikan usai korban melapor ke Polsek Wagir. Tersangka pun berhasil diamankan di sebuah hotel di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, mobil korban sempat disembunyikan di wilayah Pati, Jawa Tengah. Rencananya, mobil tersebut akan dijual tersangka dan keuntungannya dinikmati sendiri.

“Kami amankan tersangka di Sidoarjo. Adapun untuk kendaraannya berhasil diamankan di daerah Pati, Jawa Tengah,” tandasnya.

4. Bukan Pertama Kalinya Tersangka Beraksi
Menurut Gandha, peristiwa ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan tersangka. Ternyata BA sudah sering melakukan penipuan dengan memperdaya korban menggunakan identitas palsu pegawai pajak.

Sasarannya adalah wanita single maupun janda yang dikenalnya melalui media sosial. Berdasarkan pengakuan tersangka, setidaknya ada dua korban yang telah diperdaya dan dimintai sejumlah uang dengan berbagai alasan.

“Motifnya keuntungan ekonomi, modusnya selalu mengincar perempuan-perempuan dan wanita-wanita yang kebetulan berstatus single maupun berstatus janda, sudah sering yang bersangkutan ini melakukan kegiatan penipuan-penipuan melalui aplikasi-aplikasi sosial media,” ungkapnya.

Kini, BA telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polres Malang. Ia dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun pidana penjara.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments