Sunday, July 21, 2024
HomeInternationalWorldDanau Meksiko Mengering, Ribuan Ikan Mati

Danau Meksiko Mengering, Ribuan Ikan Mati

Media Indo Pos,Mexico City – Ribuan ekor ikan mati di salah satu danau yang mengering di wilayah Meksiko bagian utara. Situasi ini terjadi saat kekeringan parah menyelimuti Meksiko beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (13/6/2024) ketinggian air di Laguna Bustillos yang terletak di dekat kota Anahuac, negara bagian Chihuahua, berada di bawah 50 persen dari permukaan air normalnya.

Pemerintah setempat menyebut situasi itu membuat polutan lebih terkonsentrasi dan berbahaya bagi spesies yang menghuni laguna itu.

Laporan CNN menyebut kematian ikan-ikan di Laguna Bustillos itu terjadi selama musim kemarau panjang dengan suhu udara meningkat di atas 40 derajat Celsius.

Ikan-ikan yang mati mulai menumpuk di lumpur dasar danau yang retak-retak sejak sepekan lalu. Bau busuk menyelimuti area tersebut pada Rabu (12/6) waktu setempat, ketika para pekerja membersihkan bangkai ikan yang membusuk di tengah kekhawatiran bahwa bangkai ikan itu bisa menyebarkan penyakit.

Wilayah Meksiko secara keseluruhan sedang berjuang melawan suhu tinggi, dengan banyak kota, termasuk ibu kota Mexico City, mencetak rekor untuk suhu terpanas.

Otoritas kesehatan Meksiko menyebut sedikitnya 125 orang meninggal dunia sepanjang musim panas tahun ini, yang dimulai pada pertengahan Maret.

Data pemerintah, seperti dikutip dari CNN, menunjukkan bahwa beberapa bentuk kekeringan melanda hampir 90 persen wilayah Meksiko — tingkat kekeringan tertinggi sejak tahun 2011 lalu.

Negara bagian Chihuahua, yang menjadi lokasi Laguna Bustillos, terkena dampak yang sangat parah karena sebagian besar wilayahnya dilanda tingkat kekeringan yang paling ekstrem.

Kematian ikan secara massal di wilayah tersebut juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya ketika laguna mengering, yang membuat ikan-ikan terdampar.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments