Monday, July 22, 2024
HomeSportLegenda NBA Jerry West Meninggal

Legenda NBA Jerry West Meninggal

Media Indo Pos,Los Angeles – Legenda NBA, Jerry West, meninggal dunia di usia 86 tahun. West menjadi sosok yang dianggap menginspirasi logo NBA.

NBA mengumumkan bahwa West meninggal dunia pada usia 86 tahun, Rabu (12/6). NBA mengucapkan belangsungkawa kepada keluarga sang legenda.

“Saya menghargai persahabatan saya dengan Jerry dan pengetahuan yang dia bagikan kepada saya selama bertahun-tahun tentang bola basket dan kehidupan.” ujar Komisaris NBA Adam Silver.

“Atas nama NBA, kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada istri Jerry, Karen, keluarganya, dan banyak temannya di komunitas NBA,” jelasnya.

West menjadi legenda sebagai pemain usai membela LA Lakers pada rentang 1960-1974. La Lakers menjadi satu-satunya klub yang dibela West.

Ia meraih gelar NBA pada 1972. Ia juga selalu masuk dalam NBA All-star selama 14 tahun kariernya di LA Lakers. Sementara bersama Timnas Amerika Serikat, ia mampu meraih medali emas Olimpiade pada 1960.

West punya julukan Mr. Clucth. Hal ini karena ia kerap kali mampu mencetak angka di poin-poin krusial. Karena kehebatannya tersebut West juga disebut sebagai sosok yang menginspirasi logo NBA. Siluet pebasket yang berada di logo NBA dianggap adalah sosok West.

NBA sebenarnya hingga kini tak pernah memberi pernyataan siapa sosok dari siluet logo tersebut. Namun, Silver turut mengakui bahwa siluet tersebut mirip dengan West. Logo NBA tersebut dipakai mulai tahun 1971 saat West berjaya dengan Lakers.

West pensiun sebagai pemain pada 1974. Setelah pensiun, ia sempat tiga tahun melatih Lakers pada 1976-1979. Namun kariernya sebagai pelatih tak sementereng saat masih bermain.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments