Tuesday, July 23, 2024
HomeTNIManfaatkan Limbah Rumah Tangga, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Praktik Pembuatan Pupuk Kompos

Manfaatkan Limbah Rumah Tangga, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Praktik Pembuatan Pupuk Kompos

Media Indo Pos,Pacitan – Dengan memanfaatkan limbah rumah tangga, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Kodim 0801/Pacitan Serka Karsono bersama PPL memberikan pelatihan praktik pembuatan pupuk kompos kepada Ibu-Ibu PKK, berlangsung di Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Minggu (16/06/2024).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat pembuatan pupuk kompos yang berasal dari limbah organik rumah tangga, disamping mendukung praktik pertanian secara berkelanjutan.

Pelatihan mencakup identifikasi bahan organik yang dapat digunakan, perbandingan rasio bahan, teknik pengomposan yang efektif, serta waktu yang tepat untuk pengaplikasian pupuk kompos dalam pertanian.

Tak hanya itu, para peserta juga diberikan pengetahuan tentang dampak positif penggunaan pupuk kompos terhadap kesuburan tanah dan lingkungan. Dengan pengetahuan yang diberikan, diharapkan tercipta kemandirian dalam memenuhi kebutuhan akan pupuk khususnya yang berbahan organik.

Sementara itu, Serka Karsono berharap dengan praktik pembuatan pupuk kompos dari sampah rumah tangga diharapkan dapat mengurangi jumlah limbah organik yang berakhir di tempat pembuangan sampah, sekaligus meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan.

“Dari hasil pelatihan ini nantinya akan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman masyarakat tentang manfaat pupuk kompos, serta keterampilan mereka dalam memanfaatkan limbah secara efisien dan tepat guna,” ujarnya kepada awak media di lokasi.

Ia juga menekankan partisipasi aktif para peserta dalam kegiatan ini menciptakan sinergi antara masyarakat, Babinsa, pemerintah desa dan lembaga pendukung pertanian dalam meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah.

“Semoga upaya ini memberikan kontribusi penuh pada mengembangkan praktik pertanian yang ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas hasil panen yang optimal, selain menginspirasi wilayah lain dalam mendukung ketahanan pangan lokal,” ungkapnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments