Tuesday, July 23, 2024
HomeTNIWaspada Penyebaran DBD, Kodim 0801/Pacitan Lakukan Pengasapan

Waspada Penyebaran DBD, Kodim 0801/Pacitan Lakukan Pengasapan

Media Indo Pos,Pacitan – Sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran penyakit demam berdarah, Kodim 0801/Pacitan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan melaksanakan pengasapan di lingkungan Asrama, Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Minggu (16/06/2024).

Adapun sasaran pengasapan meliputi ruang perkantoran, perumahan, gudang, garasi, selokan maupun lorong-lorong yang berpotensi menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul, S.H., M.I.P., mengatakan, bahwa pengaruh perubahan iklim akhir-akhir ini menjadi salah satu aspek mudahnya berbagai penyakit masuk kedalam tubuh, apabila tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

“Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis terutama saat memasuki masa pancaroba, memiliki potensi yang tinggi dalam penyebaran penyakit demam berdarah, untuk itu waspadai agar jangan sampai kita terjangkit,” ujarnya saat dikonfirmasi secara terpisah.

Ia juga menekankan kepada seluruh anggota Kodim 0801/Pacitan agar selalu waspada terhadap penyebaran berbagai penyakit salah satunya DBD, yakni dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing, disamping rutin berolahraga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Apabila mengalami gejala DBD, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis secara intensif,” harapnya.

Di sisi lain, ia juga mensosialisasikan kepada masyarakat luas, sebagai upaya pencegahan DBD yang efektif dan efisien, agar senantiasa menerapkan metode 3M Plus yaitu menguras, menutup dan mendaur ulang barang bekas.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kita berharap melalui kegiatan pengasapan ini seluruh personel Kodim 0801/Pacitan dan keluarga dapat terlindungi, serta terhindar dari penyebaran penyakit DBD,” ungkapnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments