Sunday, July 21, 2024
HomeTNIPeduli Kesehatan Masyarakat, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Lakukan Aksi Sosial Fogging

Peduli Kesehatan Masyarakat, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Lakukan Aksi Sosial Fogging

Media Indo Pos,Pacitan – Berperan sebagai garda terdepan TNI AD, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan terus hadir dalam setiap kegiatan sosial untuk membantu dan mendedikasikan diri, guna mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah binaannya. Salah satu upaya nyata yang dilakukannya yakni dengan melaksanakan aksi sosial pengasapan atau fogging di pemukiman warga yang berada di Desa Widoro, Kec./Kab. Pacitan, Selasa (18/06/2024).

Upaya itu menunjukkan kepedulian TNI untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam membantu berbagai program pemerintah, termasuk di bidang kesehatan demi mewujudkan lingkungan sehat bebas dari penyebaran penyakit.

Dalam keterangannya, Sertu Supriyani mengatakan, sinergi antara Babinsa dan Dinkes dalam kegiatan fogging ini merupakan contoh nyata bagaimana pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Fogging merupakan salah satu upaya pengendalian nyamuk aedes aegypti, vektor DBD. Dengan menyemprotkan insektisida, diharapkan populasi nyamuk dewasa dapat berkurang, sehingga risiko penularan DBD pun dapat ditekan sedini mungkin,” ujarnya saat di lokasi.

Menurutnya, pelaksanaan fogging dengan obat yang sudah dianjurkan dinilai efektif membunuh nyamuk aedes aegypti yang menjadi faktor utama penyakit DBD.

“Adapun kegiatan fogging difokuskan pada area pemukiman warga yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk,” jelasnya.

Ditambahkan olehnya bahwa jika fogging hanyalah salah satu langkah pencegahan, sebaiknya masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan pola 3M plus yaitu menguras, menutup dan mendaur ulang, bila perlu mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments