Sunday, July 21, 2024
HomeBerita NasionalTuris Qatar Tewas di Nusa Penida Dievakuasi Pakai Helikopter

Turis Qatar Tewas di Nusa Penida Dievakuasi Pakai Helikopter

Media Indo Pos,Klungkung – Wisatawan asal Qatar, Abdulaziz Sami J A Al-Mannai (30), tewas setelah terseret arus di Pantai Kelingking, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Selasa (18/6/2024). Evakuasi jenazah Abdulaziz menggunakan helikopter berlangsung dramatis.

Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, menerangkan awalnya Abdulaziz berenang bersama teman-temannya sekitar delapan orang sekitar pukul 13.00 Wita. Mereka bersikeras untuk berenang, meski ombak besar.

Nahas, beberapa orang lantas terbawa arus ombak di tengah laut saat berenang. Dua orang berhasil menyelamatkan diri, sedangkan korban meninggal di tempat.

“Dari driver yang mengantarnya, Gede Diana Putra, telah diberitahu untuk kembali naik pada pukul 14.00 Wita karena akan melanjutkan perjalanan menuju ke rumah makan. Namun, tidak kunjung naik sehingga dicari informasi dan diketahui korban terseret ombak dan meninggal di tempat,” jelas Sumerta saat dikonfirmasi, Selasa malam.

Korban dan dua temannya yang terluka dijemput menggunakan helikopter. Begitu tiba, jenazah korban langsung dibawa ke rumah Sakit Umum (RSU) Bali Mandara Denpasar. Sementara, dua orang lainnya yang mengalami luka-luka dirawat di Rumah Sakit BMC Kuta.

Sementara, Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida, Putu Cakra Negara, mengatakan setelah mendapat laporan ada turis hanyut dan meninggal dunia, langsung memberangkatkan tim beranggotakan lima personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida menuju lokasi kejadian.

“Setelah koordinasi dengan pihak keluarga, disepakati untuk evakuasi melalui jalur udara, Basarnas Bali berkoordinasi dengan pihak Helly Air Bali agar bisa segera mengevakuasi korban beserta rekan lainnya ke Denpasar,” terang Cakra.

Pada pukul 16.50 Wita mereka berhasil dievakuasi dari Pantai Kelingking dan dibawa menuju Helipad Air Bali di Pelabuhan Benoa. Selanjutnya korban meninggal korban dievakuasi menuju rumah Sakit Umum (RSU) Bali Mandara Denpasar menggunakan ambulans RSU Bali Mandara.

Proses evakuasi turut melibatkan tim SAR gabungan dari Basarnas Bali (Unit Siaga SAR Nusa Penida), TNI AL, BPBD Klungkung, Polsek Nusa Penida, Klinik Nusa Medika, dan masyarakat setempat.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments