Sunday, July 21, 2024
HomeHukum & KriminalPolisi Bongkar Sindikat Pengoplos Gas Subsidi di Cilegon

Polisi Bongkar Sindikat Pengoplos Gas Subsidi di Cilegon

Media Indo Pos,Jakarta – Polda Banten menangkap sindikat pengoplos tabung LPG di Kecamatan Jombang, Cilegon. Tabung gas 3 kg disuntikkan ke tabung 5,5 kg, 12 kg, dan 50 kg.

“Tim melaksanakan penyelidikan dan penyidikan, dan kemudian di sana dapat informasi, karena memang lokasinya tempat pemindahan, penyuntikan gas 3 kilo ke gas 5,5, 12, dan 50 kg ini rumahnya agak masuk ke dalam,” kata Kabid Humas Kombes Didik Hariyanto di Polda Banten, Kamis (20/6/2024).

Tim bergerak pada Kamis (2/5) dan menangkap dua tersangka. Keduanya adalah AS (34) selaku pemilik dan AI (38) seorang operator pemindahan atau penyuntikan gas.

Pengoplosan gas dengan cara disuntik dari tabung gas subsidi ke tabung gas nonsubsidi ini sudah berlangsung 8 bulan. Setiap hari para pelaku mengoplos 400 tabung gas subsidi ke gas nonsubsidi.

“Per harinya mereka bisa memindahkan atau menyuntikkan dari gas 3 kg ke 5,5 kg, 12 kg, dan 50 kilogram,” ujar Didik didampingi oleh Wadirkrimsus Polda Banten Wiwin Setiawan dan Kasubdit III AKBP Ade Papa Rihi.

Dari pengungkapan yang dilakukan, polisi menyita kurang lebih 570 tabung gas yang digunakan kedua tersangka. Ada 181 tabung berbagai ukuran yang berisi dan 389 tabung yang kosong.

“Kemudian, dari pengungkapan kasus tersebut, ada dua ditetapkan tersangka AS, yang bersangkutan adalah pemilik kegiatan, dan AI, ini operator pemindahan atau penyuntikannya,” ujarnya.

Selain tabung gas, polisi juga menyita barang bukti berupa selang regulator dan kendaraan pengangkut gas. Para tersangka dijerat dengan Pasal 55 Undang-Undang Cipta Kerja juncto Pasal 55 KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara.

“Ancaman paling lama 6 tahun dan denda Rp 60 miliar,” ujarnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments