Sunday, July 21, 2024
HomeHukum & KriminalSyahrul Yasin Limpo Akui Minta Cucu Magang di Kementan, Dapat Honor Rp...

Syahrul Yasin Limpo Akui Minta Cucu Magang di Kementan, Dapat Honor Rp 10 Juta

Media Indo Pos,Jakarta – Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengakui meminta cucunya, Andi Tenri Bilang Radisyah atau Bibi, untuk magang di Kementerian Pertanian (Kementan). SYL mengatakan hal itu dilakukan agar nantinya Bibi mempunyai referensi untuk mendaftar sebagai pegawai ASN.

“Satu hal lagi, terus apa saudara, dasar saudara untuk bisa memasukkan cucu sebagai honorer atau mungkin ada orang-orang lain, apakah itu kapasitas saudara?” tanya hakim dalam persidangan di PN Tipikor Jakarta, Senin (24/6/2024).

“Cucu saya, saya yang minta Pak Kasdi ‘tolong Pak Kasdi, kasih magang dia’ dia baru selesai di Unhas, dia dari Cambridge saya tarik, untuk di selesai di Unhas, setelah dia, saya, sebagai kakek lah saya mau berjasa sedikit sama anak-anak yang besok, mungkin dengan magang dia punya referensi untuk mendaftar sebagai pegawai ASN, itu aja tujuannya,” jawab SYL.

SYL mengaku tak mencampuri soal ada atau tidaknya honor yang diberikan ke Bibi. Dia mengatakan terdakwa Sekjen Kementan nonaktif Kasdi Subagyono hanya menjalankan perintahnya agar Bibi magang di Kementan.

“Saya tidak pernah campuri bahwa dia dikasih honor atau tidak, dan saya minta ‘Bibi, kau masuk di situ’, Pak Kasdi yang tunjukkan ‘ada ruangannya Bibi bapak’ ya ‘oke’, itu. Dan itu tidak salah Pak Kasdi-nya, saya yang salah,” kata SYL.

Jaksa KPK Meyer Simanjuntak juga mendalami SYL terkait pemberian honor untuk Bibi. SYL mengaku baru mengetahui Bibi mendapat honor di Kementan saat persidangan kasus gratifikasi dan pemerasan tersebut.

“Baik. Saksi kemudian mengetahui apakah dia mendapatkan apa bentuknya? Gaji, honor dari magangnya itu?” tanya jaksa KPK, Meyer Simanjuntak.

“Saya baru tahu dia mendapat honor dan lain-lain setelah di persidangan. Yang saya memang tuju cuma dia menjadi magang di situ. Sebagai kakek, saya tentu saja berharap seperti itu,” jawab SYL.

“Berarti keterangan saksi kemarin saksi bantah juga ya mengenai awalnya Rp 4 juta diminta naik Rp 10 juta…?” tanya jaksa.

“Saya nggak pernah mengakui bahwa saya tahu masalah Rp 4 juta, Rp 10 juta itu, saya nggak pernah mengakui itu,” jawab SYL.

Sebelumnya, Rininta Octarini selaku Protokol dan Sekretariat Menteri Pertanian (Mentan) era Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkap penambahan honor untuk cucu SYL, Andi Tenri Bilang Radisyah, dari Rp 4 juta menjadi Rp 10 juta. Andi Tenri diketahui menjabat Tenaga Ahli Sekjen di Bidang Hukum Kementan saat SYL menjadi menteri.

Hal itu disampaikan Rini saat bersaksi untuk terdakwa Syahrul Yasin Limpo, Kasdi Subagyono, dan Muhammad Hatta dalam sidang lanjutan kasus gratifikasi dan pemerasan di PN Tipikor Jakarta, Senin (27/5/2024). Mulanya, jaksa menanyakan berapa uang negara yang digunakan untuk membayar honor cucu SYL, Andi Tenri Bilang, saat menempati posisi sebagai Tenaga Ahli Sekjen Bidang Hukum di Kementan.

“Yang dibayarkan melalui negara itu apakah seluruhnya Rp 10 juta atau hanya Rp 4 (juta)-nya sehingga bisa menjadi Rp 10 (juta), bagaimana? bisa dijelaskan,” kata jaksa.

“Sepengetahuan saya yang dibayarkan langsung dari KPPN sekitar Rp 4 juta, Rp 6 jutanya dibayarkan langsung dari Biro Umum ditransfer ke Bibi,” jawab Rini.

“Baik, bukti transfer disampaikan melalui saksi ya yang tambahan dari Rp 6 juta menjadi Rp 10 juta itu?” tanya jaksa.

“Iya betul,” jawab Rini.

Rini mengatakan permintaan penambahan honor untuk Tenri yang naik Rp 6 juta itu disampaikan langsung oleh SYL. Dia menuturkan permintaan itu disampaikan melalui Panji Hartanto selaku ajudan SYL.

“Pimpinan yang dimaksud minta naik dari Rp 4 juta ke Rp 10 juta itu Biro Hukum atau saksi mendengar langsung siapa itu pimpinan maksudnya yang, apakah membawa nama Pak Menteri yang minta waktu itu?” tanya jaksa.

“Seingat saya waktu itu Mas Panji menyampaikan ada permintaan Pak Menteri bahwa ada kekurangan honor dari Bibi,” jawab Rini.

“Itulah yang dari Rp 4 (juta) akhirnya menjadi Rp 10 (juta) tiap bulan itu?” tanya jaksa.

“Iya betul,” jawab Rini.

Jaksa kemudian memastikan lagi apakah benar perintah menaikkan gaji Andi Tenri itu langsung dari SYL. Rini pun membenarkan itu.

“Panji ceritanya Pak Menteri yang meminta naik honor itu?” tanya jaksa.

“Iya betul,” jawab Rini.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments