Monday, July 22, 2024
HomeInternationalWorldBanjir Renggut 9 Nyawa di India-Bangladesh

Banjir Renggut 9 Nyawa di India-Bangladesh

Media Indo Pos,Jakarta – Hujan deras dan sungai yang meluap di timur laut India dan negara tetangga Bangladesh telah menewaskan sedikitnya sembilan orang. Lebih dari tiga juta orang terkena dampaknya.

Hujan deras menyebabkan kerusakan yang luas setiap tahunnya. Namun, para ahli mengatakan perubahan iklim mengubah pola cuaca dan meningkatkan jumlah kejadian ekstrem.

Dilansir dari AFP, Kamis (4/7/2024), otoritas bencana di negara bagian Assam di timur laut India mengatakan delapan orang tewas dalam sehari terakhir. Ini menjadikan jumlah korban tewas akibat hujan lebat sejak pertengahan Mei menjadi 46 orang.

Sekitar 2.800 desa di negara bagian tersebut telah terendam dan berdampak pada lebih dari 1,6 juta orang, kata otoritas bencana.

Ketua Menteri Assam Himanta Biswa Sarma mengatakan situasi saat ini di negara bagian tersebut disebabkan oleh hujan di negara bagian Arunachal Pradesh, India.

“Tidak ada campur tangan manusia yang bisa menghentikannya,” katanya.

Di dataran rendah Bangladesh, di hilir India, badan penanggulangan bencana mengatakan banjir telah berdampak pada sekitar 1,8 juta orang.

Mereka memperingatkan air akan naik selama tiga hari ke depan.

Seorang pria berusia 21 tahun tewas setelah tersapu gelombang air saat sedang memancing.

Sebagian besar negara ini terdiri dari delta seperti sungai Gangga dan Brahmaputra di Himalaya, yang perlahan mengalir menuju laut setelah mengalir melalui India.

Hujan deras di musim panas ini membawa 70-80 persen curah hujan tahunan di Asia Selatan, serta memicu kematian dan kehancuran akibat banjir dan tanah longsor.

Curah hujan sulit diperkirakan dan sangat bervariasi. Namun, para ilmuwan mengatakan perubahan iklim membuat musim hujan semakin kuat dan tidak menentu.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments