Monday, July 22, 2024
HomeBerita NasionalBareskrim Polri Geledah Ditjen di ESDM Terkait Proyek Lampu Jalan Tenaga Surya

Bareskrim Polri Geledah Ditjen di ESDM Terkait Proyek Lampu Jalan Tenaga Surya

Media Indo Pos,Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri menggeledah kantor Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM. Penggeledahan dilakukan terkait penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan dan pelaksanaan proyek penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) pada 2020.

“Betul (ada penggeledahan),” kata Wadirtipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa saat dimintai konfirmasi, Kamis (4/7/2024)

Diketahui, proyek PJUTS merupakan program pemerintah yang dikelola oleh Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE. Adapun sumbernya dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Arief menuturkan saat ini pihaknya tengah melakukan penyidikan perihal kasus dugaan korupsi pengadaan PJUTS itu. Namun dia belum merinci lebih detail mengenai perkara tersebut.

“Pada pokoknya (pengusut kasus) terkait dengan penyimpangan yang diduga merupakan tindak pidana korupsi dalam proses pengadaan dan pelaksanaan proyek penerangan jalan umum tenaga surya tahun 2020 di Ditjen EBTKE Kementerian ESDM,” jelas Arief.

“Lokasi proyek nasional (banyak titik di seluruh Indonesia) yang dibagi menjadi wilayah barat, tengah, dan timur. Status (kasusnya) saat ini sudah penyidikan adalah yang di wilayah tengah,” sambungnya.

Lebih jauh dia mengungkap nilai kontrak proyek itu di wilayah Indonesia tengah mencapai ratusan miliar rupiah. Adapun taksiran kerugian negaranya mencapai Rp 64 miliar.

“Untuk nilai kontrak wilayah tengah saja sekitar Rp 108 miliar. Dugaan sementara nilai kerugian sekitar Rp 64 miliar, saat masih dalam proses perhitungan oleh ahli,” pungkas Arief.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments