Monday, July 15, 2024
HomeBerita NasionalKPU RI Segera Komunikasi dengan Komisi II DPR Soal Pergantian Ketua

KPU RI Segera Komunikasi dengan Komisi II DPR Soal Pergantian Ketua

Media Indo Pos,Jakarta – Mochammad Afifuddin resmi ditunjuk sebagai Plt Ketua KPU RI menggantikan Hasyim Asy’ari yang diberhentikan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) atas dugaan tindakan asusila. Afif mengatakan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan DPR RI terkait pergantian ketua hingga pengisian kekosongan anggota.

“Ya segera akan kita komunikasikan, segera komunikasi dengan teman-teman Komisi II,” kata Afif di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Afif akan melakukan evaluasi internal usai dirinya ditunjuk sebagai Plt Ketua KPU. Afif menerima semua masukan dan saran baik dari internal atau pihak eksternal KPU.

“Kami dengan sangat berharap minta dukungan teman-teman sekalian para pihak sekalian, semua masukkan semua saran yang disampaikan kepada KPU, tentu kami akan sebagai masukan yang baik untuk kemudian kita terima, dan kita akan lanjutkan hal-hal yang baik yang sudah ada, kita menerima masukan, kita akan koreksi, kita akan perbaiki hal-hal yang dianggap tidak baik,” ujarnya.

Afif mengatakan dirinya tetap menjalankan tugas sebagai Koordinator Divisi Hukum, sambil menunggu keputusan untuk Ketua KPU definitif.

“Keputusan kami sementara tadi untuk divisi dan kekorwilan sementara tidak ada perubahan, nanti kita tunggu sampai mekanisme yang berlangsung pergantian, ketua definitif, dan seterusnya mungkin baru ada pembahasan,” jelas dia.

Sebagai informasi, DKPP memberhentikan tetap Hasyim Asy’ari sebagai Ketua KPU dalam kasus asusila. Perbuatan asusila tersebut diantaranya memaksa berhubungan badan, mengungkapkan kata-kata rayuan kepada korban, hingga janji untuk menikahi.

Selain itu, Hasyim juga dinilai telah membocorkan informasi rahasia terkait agenda dan materi bimtek kepada korban.

“Memutuskan, mengabulkan pengaduan pengadu untuk seluruhnya. Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku Ketua merangkap anggota KPU terhitung sejak putusan dibacakan,” kata Ketua Majelis Sidang, Heddy Lugito, saat membacakan putusan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments