Monday, July 22, 2024
HomeHukum & KriminalRaama Mehra Jadi Tersangka Gegara Cenderawasih di Koper

Raama Mehra Jadi Tersangka Gegara Cenderawasih di Koper

Media Indo Pos,Jakarta – Aktor Bollywood Raama Mehra kedapatan membawa burung cenderawasih dan berang-berang di Bandara Soekarno-Hatta. Dia kini ditetapkan sebagai tersangka.

“Kasus ini telah dinaikkan statusnya ke tahap penyidikan dan telah ditetapkan pelaku RM (Raama Mehra) sebagai tersangka,” kata Kepala Kantor Bea-Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo kepada wartawan di Kantor Bea-Cukai Soekarno-Hatta, Kamis (4/7/2024).

Raama Mehra dijerat dengan Pasal 102A Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan. Dia terancam hukuman pidana maksimal 10 tahun dan denda maksimal Rp 5 miliar.

Kasus ini terungkap setelah petugas mencurigai koper yang dibawa Raama Mehra. Hasil citra X-ray yang mencurigakan membuat petugas memeriksa koper miliknya itu. Koper itu dimasukkan ke bagasi pesawat Indigo Air nomor penerbangan 6E-1602 tujuan Mumbai, India, pada Senin (1/7). Status koper tersebut no declare.

Karena kecurigaan itu, petugas Bea-Cukai Soekarno-Hatta dan Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta memeriksa koper. Setelah dicek, ternyata di dalam koper tersebut terdapat 2 ekor burung cenderawasih dan seekor berang-berang yang dicampur dengan makanan.

“Saat dilakukan pemeriksaan terhadap koper yang turut disaksikan oleh penumpang, didapati satu ekor burung Cendrawasih kuning kecil (Paradisaea minor), satu ekor burung cenderawasih botak Papua (Cicinnurus respublica), dan satu ekor berang-berang cakar kecil albino (Aonyx cinereus) pada koper yang disamarkan dengan berbagai macam makanan, baju, tas tangan, dan mainan anak false concealment,” kata Gatot.

Aktor Bollywood tersebut yang sudah berada di boarding room kemudian diperiksa. Saat diperiksa, Raama mengaku dirinya hanya dititipi temannya.

“Pengakuan tersangka tadinya katanya dititipin sama temannya dan nanti akan dibawa ke India dan diserahkan ke seseorang yang ada di India. Namun, setelah kita cek, mereka sendiri yang bawa, tidak dititipkan,” jelas Gatot.

Namun petugas tak percaya begitu saja. Faktanya, Raama Mehra membawa sendiri koper berisi cenderawasih dan berang-berang itu sejak tiba di terminal bandara.

“Tim Bea-Cukai Soekarno-Hatta kemudian melakukan penelusuran lebih lanjut, dan berdasarkan bukti-bukti yang ada didapati fakta bahwa saat RM tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, ia telah membawa koper berisi hewan tersebut dan tidak terdapat penitipan sebagaimana ia katakan,” jelasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments