Monday, July 15, 2024
HomeHukum & KriminalYogi Purdadi Jual Cula Badak ke Warga China Senilai Ratusan Juta Rupiah

Yogi Purdadi Jual Cula Badak ke Warga China Senilai Ratusan Juta Rupiah

Media Indo Pos,Pandeglang – Dalam persidangan, terdakwa perantara penjual cula badak, Yogi Purdadi, mengaku menjual cula badak ke seorang warga negara China senilai ratusan juta rupiah. Warga China yang dimaksud adalah Ai, yang merupakan teman dari teman Yogi, Willy.

Nama Ai terungkap setelah majelis hakim mencecar terdakwa saat berkunjung ke rumah Willy untuk menjual cula badak. Yogi mengaku ingin menjual cula badak itu kepada seseorang yang bernama Ai.

Yogi menyebut hubungan Ai dengan Willy merupakan teman. Ia mengatakan Willy juga sebagai fasilitator transaksi jual-beli cula badak hasil perburuan yang dilakukan oleh terpidana Sunendi.

“Saudara datang ke rumah Willy untuk ketemu Saudara Ai?” tanya hakim, saat sidang di Pengadilan Negeri Pandeglang, Kamis (4/6/2024).

“Iya,” tegas Yogi.

“Bos itu siapa maksudnya?” kata hakim.

“Bos Ai,” ungkap Yogi.

Majelis hakim kemudian mempertanyakan komunikasi Yogi dengan saksi Willy ketika sedang di rumah Willy. Menurut Yogi, ia menawarkan cula agar dibeli oleh Ai.

“Ketemu Willy, foto, nimbang cula, terus kirim ke Ai,” ungkap Yogi.

Pada saat itu, harga cula disepakati senilai Rp 315 juta. Selama empat kali ia menjual cula badak, ada yang dihargai Rp 500 juta. Setelah cula laku terjual, Yogi kemudian memberikan uang kepada Sunendi.

“Pulang ngasih uang ke Sunendi,” kata Willy.

Pola penjualan kata Yogi, selalu sama, dia selalu datang ke rumah Willy untuk menjual cula. Pada 2020, pola ini juga dilakukan oleh bapak Yogi melalui Erik ke Willy.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan JPU, tidak diungkapkan nama Ai. Di persidangan, kata majelis hakim terungkap bahwa Yogi menjual cula badak ke Ai melalui Willy.

“Saudara di dakwaan saya periksa, saya teliti Saudara melakukan transaksi dengan Willy, tidak terungkap nama Ai, tapi di persidangan terungkap nama Ai,” kata hakim.

“Betul,” kata Yogi.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments