Sunday, July 14, 2024
HomeBerita NasionalHeru Budi Buka Pameran Flona 2024: Komitmen Jakarta Wujudkan Kota Berseri

Heru Budi Buka Pameran Flona 2024: Komitmen Jakarta Wujudkan Kota Berseri

Media Indo Pos,Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membuka pameran Flora dan Fauna (Flona) 2024. Pameran ini mengusung tema ‘Jakarta Global Hijau Mempesona’.

“Tema Flona 2024 ini Jakarta Global Hijau Mempesona, di mana Jakarta dengan penuh komitmen mewujudkan kota yang berseri, nyaman, menyenangkan, dan dapat memfasilitasi warganya,” ujar Heru saat membuka Pameran Flora dan Fauna (Flona), di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2024).

Pameran yang masuk dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 ini akan berlangsung hingga 2 Agustus 2024. Pada pameran itu UMKM dari lima wilayah Jakarta turut ambil bagian.

“Ya dalam rangka ulang tahun DKI Jakarta ke-497 diadakan Flona ini. Taglinenya Jakarta Global Sejuta Pesona. Itu sudah ada tema rangkaian, biar nyambung, ada global, ada flora, ada fauna, sejuta pesona kemarin yang konsep pariwisata,” jelas Heru.

Harapannya, pameran ini dapat mendorong masyarakat untuk melakukan penghijauan lewat penanaman pohon. Di pameran, bisa ditemui UMKM yang menjual bibit tamanan. Di ujung sambutannya, Heru melontarkan pantur ke warga yang hadir.

“Burung Merak spesies langka. Spesies unik, penuh warna. Pameran Flona 2024 resmi saya buka. Bersama kita dukung Jakarta Global, Hijau Mempesona,” kata dia.

“Bunga anggrek indahkan mata. Setiap yang melihat pasti terpana. Bersama kita lestarikan flora dan fauna Jakarta. Demi wujudkan Kota Global berjuta pesona,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara mengungkapkan, Flona 2024 diikuti 165 tenan dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.

Bayu menjelaskan, filosofi Flona 2024 ini penuh dengan warna. Misalnya, hijau pada logo melambangkan Jakarta dengan lingkungan yang hijau, pohon melambangkan kekuatan Jakarta yang hampir berusia 500 tahun dan tumbuh menjadi pohon besar, kuat dan penuh manfaat.

“Lalu kupu-kupu melambangkan transformasi Jakarta jadi kota global dengan jumlah yang banyak dan melambangkan jutaan pesona Jakarta. Warna kupu-kupu juga terdiri dari representatif dari lima benua,” kata Bayu.

Selanjutnya, benua Asia berwarna kuning, Benua Amerika berwarna merah, Benua Australia berwarna hijau, Benua Afrika warna hitam, dan Benua eropa dengan warna biru. Kata Bayu, nuansa warna itu menunjukkan Jakarta setara dengan kota-kota di benua lain.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments