Monday, July 15, 2024
HomeTNIBabinsa Kawal Program Pompanisasi Perdana Lahan Poktan Yosomakmur

Babinsa Kawal Program Pompanisasi Perdana Lahan Poktan Yosomakmur

Media Indo Pos,Lumajang – Babinsa Kraton Koramil 0821/11 Yosowilangun Sertu Puryatno melakukan pendampingan dalam kegiatan pompanisasi bersama kelompok tani (Poktan) Ngudi Tani di Rowo Krasak, Dusun Sido Dadi, Desa Kraton, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (7/7/2024).

Program pompanisasi ini merupakan upaya perdana yang dilakukan oleh kelompok tani Yosomakmur untuk meningkatkan efektivitas pengairan lahan pertanian mereka.

Di kesempatan itu, Sertu Puryatno menyatakan bahwa pendampingan ini bertujuan memastikan program pompanisasi berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat maksimal bagi para petani di wilayah binaannya.

“Pendampingan ini sebagai bentuk mengawal program pompanisasi perdana yang dilakukan oleh kelompok tani Yosomakmur, berharap menunjang pengairan pertanian warga kelompok tani berjalan lancar,” ujar Sertu Puryatno.

Kegiatan pompanisasi yang dilakukan itu melibatkan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Yosomakmur, Jumadi HS, serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kraton Sauki. Dengan adanya pompanisasi, lahan seluas satu hektar mampu diairi sekitar setengah hektar dalam satu hari, tergantung kondisi tanah.

Ketua Gapoktan Yosomakmur, Jumadi, mengapresiasi pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa dan PPL Desa Kraton, berharap bahwa program tersebut dapat terus berlanjut, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Desa Kraton.

“Dengan adanya sinergi antara Babinsa, kelompok tani dan penyuluh pertanian, diharapkan program pompanisasi ini dapat menjadi solusi untuk permasalahan pengairan yang sering dihadapi oleh para petani di wilayah Yosowilangun bisa teratasi,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments