Saturday, July 13, 2024
HomeBerita NasionalKPU Mutakhirkan Sirekap Pilkada, Siap Jika Diminta Presentasi

KPU Mutakhirkan Sirekap Pilkada, Siap Jika Diminta Presentasi

Media Indo Pos,Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan pemutakhiran Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk Pilkada 2024. Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengatakan pemutakhiran terus dilakukan dari sisi teknologi sistem komputasi.

“Sirekap akan dimutakhirkan dari sisi teknologi sistem komputasi. Dan hal tersebut memang menjadi tradisi dalam pengembangan sistem informasi di lingkungan KPU,” kata Idham kepada wartawan, Minggu (7/7/2024).

Idham menegaskan pemutakhiran Sirekap didasari oleh evaluasi sistem tersebut yang juga digunakan pada Pemilu 2024. Dia memastikan KPU RI tetap menggunakan Sirekap untuk Pilkada 2024.

“KPU terikat pada prinsip terbuka, apalagi Indonesia punya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Pemilih atau publik berhak mendapatkan informasi terhadap hasil perolehan suara pasca pemungutan suara di Pilkada nanti,” jelas dia.

Lebih lanjut, Idham menyampaikan KPU RI telah berencana melakukan konsultasi kepada DPR terkait PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang pencalonan Pilkada. Namun, kata dia, KPU juga siap jika DPR meminta penjelasan terkait Sirekap.

“Jika memang dalam konsultasi itu diminta keterangan atau penjelasan berkenaan Sirekap, tentunya KPU pasti siap, karena Sirekap adalah sistem informasi yang dimiliki KPU,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya akan mengundang KPU untuk menjelaskan terkait penggunaan Sirekap di Pilkada 2024. Doli meminta KPU membatalkan penggunaan Sirekap jika tak bisa mempresentasikannya.

Hal itu disampaikan Doli yang hadir virtual dalam diskusi ‘Sirekap di Pemilu 2024: Evaluasi dan Rekomendasi untuk Pilkada 2024’, Sabtu (6/7). Doli mengatakan DPR akan mengundang KPU pekan depan terkait Sirekap.

Doli menyampaikan pihaknya telah berulang kali meminta KPU menjelaskan penggunaan Sirekap pada Pileg dan Pilpres 2024. Namun, kata dia, saat itu KPU terus beralasan jika Sirekap belum sempurna.

“Untuk Pilkada 2024 ini kami ada insist. Yuk kalau misalnya minggu depan nggak bisa presentasi mending batalin aja,” kata Doli.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments