Monday, July 15, 2024
HomeTNIPeduli ODGJ, Babinsa Memberikan Materi Alur Penanganan Kesehatan Jiwa Kepada Kader Kesehatan...

Peduli ODGJ, Babinsa Memberikan Materi Alur Penanganan Kesehatan Jiwa Kepada Kader Kesehatan Jiwa

Media Indo Pos,Yogyakarta – Babinsa Prawirodirjan Koramil 12/Gondomanan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serka Ali Anwar memberikan materi dan pendampingan Sarasehan Kader Kesehatan Jiwa dan Alur Penanganan Kesehatan Jiwa wilayah Gondomanan, bertempat di Pantai Cemara sewu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (06/07/2024).

Dalam penyampaian materi Kepada Kader kesehatan jiwa tentang alur penanganan kesehatan jiwa Serka Ali Anwar sebagai pemateri dan insiator “Komando” (Koramil 12 Gondomanan Peduli ODGJ) menyampaikan, Kader kesehatan Odgj berperan dalam mengidentifikasi kelompok resiko melalui pendataan, melakukan deteksi dini, memberikan pendidikan kesehatan, memotivasi pasien dan keluarga, serta melakukan sosialisasi program kepada masyarakat.

Serka Ali Anwar juga menambahkan, bahwa upaya ini tidak hanya dilakukan oleh tenaga kesehatan, tetapi juga dengan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan memberikan pemahaman, menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap masalah kesehatan jiwa melalui “Komando” dan Keder yang sudah ada di wilayah Gondomanan.

Selain penyampaian secara teori, kegiatan ini juga di isi dengan permainan (Fun Game) dan aplikasi tentang penanganan Odgj, dengan begitu diharapkan para kader mempunyai motivasi dan semangat dalam melayani orang lain tanpa imbalan. serta meningkatkan pengetahuan dan kemauan memahami kesulitan orang lain dan ketrampilan sosial.

Kegiatan Sarasehan Kader Kesehatan Jiwa dan Alur Penanganan Kesehatan Jiwa  wilayah Gondomanan dengan penanggung jawab Kapala Puskesmas GM Dr. Fajar Meyta Harti, dihadiri oleh MPP GM Cahya Wijayanto, S.Sos., Babinsa 12/Gondomanan Serka Ali anwar, Babinkamtibmas Gondomanan Aiptu Heribertus, Staf Kelurahan Prawirodirjan, serta Kader kesehatan jiwa Kemantren Gondomanan.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments