Monday, July 15, 2024
HomeInternationalWorldJokowi Beri Selamat ke Dick Schoof, Harap Perkuat Kemitraan

Jokowi Beri Selamat ke Dick Schoof, Harap Perkuat Kemitraan

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat ke Dick Schoof yang baru dilantik jadi Perdana Menteri (PM) Belanda. Jokowi berharap hubungan bilateral Indonesia dan Belanda sapat terus terjalin dengan baik.

Hal itu diungkap Jokowi melalui akun X-nya yang diunggah, Senin (8/7/2024). Jokowi mengatakan dilantinya, Dick Schoof dapat memperdalam kemitraan kedua negara.

“Selamat kepada Dick Schoof atas pengangkatannya sebagai Perdana Menteri Kerajaan Belanda. Saya berharap dapat memperdalam kemitraan yang kuat dan abadi antara kedua negara kita,” ujar Jokowi.

Diketahui, Schoof menggantikan Perdana Menteri (PM) Mark Rutte yang telah berkuasa selama 14 tahun. Pelantikan ini dilakukan beberapa bulan setelah pemimpin sayap kanan Geert Wilders meraih kemenangan pemilu yang mengejutkan Eropa dan dunia.

Mantan kepala intelijen ini resmi menjadi Perdana Menteri Belanda, pada Selasa (2/7). Bersamaan dengan itu, kabinet baru juga telah dilantik yang terdiri dari 16 menteri dan 13 sekretariat negara.

Dilansir dari laman resmi pemerintahan Belanda, kabinet baru dilantik oleh Yang Mulia Raja Willem-Alexander di Istana Huis ten Bosch di Den Haag. Koalisi pemerintahan baru ini terdiri dari Partai Kebebasan (PVV), Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (VVD), Kontrak Sosial Baru (NSC) dan Gerakan Petani-Warga (BBB).

Pemerintahan baru terdiri dari 16 menteri dan 13 sekretaris negara. Upacara pengambilan sumpah di hadapan Raja menandai masuknya resmi pemerintahan Schoof.

Adapun pembagian menteri tersebut yakni PVV mengirim 5 menteri dan 4 sekretaris negara, VVD mengutus 4 menteri dan 3 sekretaris negara. Kemudian, NSC menyediakan 4 menteri dan 3 sekretaris negara, lalu BBB menyediakan 2 menteri dan 3 sekretaris negara.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments