Monday, July 15, 2024
HomeInternationalWorldKapal Perang Iran Tenggelam Saat Diperbaiki, 2 Orang Tewas

Kapal Perang Iran Tenggelam Saat Diperbaiki, 2 Orang Tewas

Media Indo Pos,Teheran – Sebuah kapal perang Iran terbalik dan tenggelam saat sedang menjalani perbaikan di pelabuhan Bandar Abbas di sebelah selatan negara tersebut. Sedikitnya dua orang tewas dan beberapa orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden tersebut.

Seperti dilansir dari Reuters, Senin (8/7/2024), laporan media pemerintah Iran menyebut insiden yang melanda kapal perang jenis fregat bernama Sahand, yang merupakan milik Angkatan Laut Iran, itu terjadi pada Minggu (8/7) sore waktu setempat.

Insiden terjadi di area pelabuhan Bandar Abbas yang terletak dekat Selat Hormuz.

“Saat Sahand sedang diperbaiki di dermaga, kapal tersebut kehilangan keseimbangan karena masuknya air. Untungnya, kapal bisa kembali diseimbangkan dengan cepat,” demikian laporan kantor berita IRNA dengan mengutip pernyataan Angkatan Laut Iran.

Laporan IRNA tidak menyebut secara spesifik soal kapan insiden itu terjadi. Media pemerintah Iran mempublikasikan gambar kapal yang tenggelam dan melaporkan beberapa orang dilarikan ke rumah sakit karena luka ringan.

Namun, laporan media Uni Emirat Arab, The National News, yang mengutip kantor berita Mehr menyebut kapal perang Iran itu terbalik dan tenggelam sebagian pada Minggu (7/7) sore waktu setempat setelah mengalami apa yang disebut sebagai “kecelakaan”.

Kantor berita Mehr menyebut kapal Sahand “mengalami kecelakaan … dan sebagian kapal penghancur itu tenggelam” di kota pelabuhan Bandar Abbas.

Kepala Kompleks Industri Pembuatan Kapal dan Lepas Pantai Iran (Isoico), Salman Zarbi, menyebut kecelakaan itu kemungkinan disebabkan oleh “masalah pada tangki keseimbangan kapal atau infiltrasi air selama perbaikan”.

Kapal Sahand, yang dinamai berdasarkan nama gunung di Iran bagian utara, merupakan kapal perang pembawa rudal yang dibangun oleh produsen kapal Angkatan Laut Iran, Nedaja, dan diluncurkan sejak tahun 2012 lalu.

Kapal ini disebut sebagai jenis penghancur atau destroyer oleh media Iran, namun dengan bobotnya yang mencapai 2.000 ton, kapal Sahand lebih mendekati sebagai jenis kapal kelas corvette atau sejenis kapal Angkatan Laut berukuran kecil.

Kapal tersebut menggunakan nama kapal militer Iran lainnya yang ditenggelamkan oleh militer Amerika Serikat (AS) tahun 1988 silam dalam bentrokan di Laut Arab. Pertempuran laut itu terjadi setelah penempatan ranjau laut Teheran, yang memicu kerusakan pada salah satu kapal perang Washington.

Zarbi menambahkan bahwa kapal perang itu sekarang dipindahkan untuk diperbaiki.

Meskipun media-media lokal Iran menggambarkan insiden itu sebagai kecelakaan, namun menurut beberapa analis, insiden tersebut bisa jadi disebabkan oleh serangan siber Israel, musuh abadi Teheran.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments