Monday, July 15, 2024
HomeTNIMalam Satu Suro Koramil Pengamanan Lampah Budaya Mubeng Beteng Kraton

Malam Satu Suro Koramil Pengamanan Lampah Budaya Mubeng Beteng Kraton

Media Indo Pos,Yogyakarta – Menyambut pergantian tahun baru Jawa malam 1 Suro/Tanggap Warso JE 1958/2024 M Kraton Yogyakarta, Koramil 11/Kraton melaksanakan pengamanan Lampah Budaya Mubeng Beteng Kraton yang merupakan tradisi abdi Dalem Kraton Yogyakarta melakukan topo bisu mengelilingi Beteng Kraton. Peringatan pergantian tahun Jawa dipergunakan sebagai momentum untuk merefleksikan diri dan sebagai munajat ke hadirat Allah SWT, agar tahun ini lebih baik dari pada tahun kemarin, Minggu (7/7/2024).

Rangkaian acara dimulai dengan selamatan dilanjutkan dengan lelengan sekar macapat pamulangan sekar, macapat kridho dan mardhawa di Bangsal Ponconoti Keben Kraton. Selanjutnya dilaksanakan penyerahan Dwaja Bendera Merah Putih dan Bendera Gula Klapa (bendera Kasultanan) Yogyakarta yang akan dibawa abdi Dalem di depan peserta mubeng Beteng, acara doa dan pelepasan peserta oleh GKR Mangkubumi tepat pukul 24.00 Wib.

Rute mubeng beteng di mulai dari Keben Kamandungan Lor – Pojok Beteng Kulon – Plengkung Gading – Pojok Beteng Wetan – Jalan Ibu Ruswo – Alun-Alun Utara dan kembali ke Kamandhungan Lor. Selama mubeng Beteng tidak boleh berbicara atau melaksanakan topo bisu.

Tradisi di Kraton yang sudah ada sejak zaman dahulu terus dilaksanakan yang memiliki nilai keluhuran budaya dan makna penting dalam menyambut pergantian tahun Jawa di Kraton Yogyakarta, serta untuk melindungi Beteng Kraton yang dibangun untuk pertahanan Kraton Yogyakarta.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments