Monday, July 22, 2024
HomeBerita NasionalBanyak Tenda Bikin Korban Longsor Tambang Emas di Gorontalo Bertambah

Banyak Tenda Bikin Korban Longsor Tambang Emas di Gorontalo Bertambah

Media Indo Pos,Jakarta – Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) menyampaikan banyak warga mendirikan tenda di bawah area tambang emas ilegal yang longsor di Sumawa Timur, Bone Bolango, Gorontalo. Kondisi ini mengakibatkan banyaknya korban saat area tambang longsor.

“Dari posko melaporkan di bawah longsoran itu ada banyak camp warga. Ada ibu dan anak juga yang menjadi korban sudah ditemukan,” kata laporan dari pusat koordinasi operasi SAR Basarnas, seperti dilaporkan Antara, Selasa (9/7/2024).

Data mencatat total korban saat ini telah bertambah, dari 72 orang menjadi 104 orang pada Senin (8/7) malam. Dari jumlah tersebut, 12 orang meninggal dunia, 44 orang mengalami luka berat dan ringan, kemudian 48 orang hilang. Korban meninggal dan luka dievakuasi ke sejumlah rumah sakit di Bone Bolango, dan Gorontalo.

Basarnas belum memastikan penyebab longsor di area tambang rakyat tersebut. Namun ada dugaan karena hujan berintensitas sedang-deras yang mengguyur lokasi pada Sabtu (6/7) hingga Senin malam. Kondisi hujan memperparah dampak longsor yang ditimbulkan karena tanah menjadi semakin labil.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Gorontalo Heriyanto mengatakan hujan yang terus mengguyur kemarin malam menghentikan sebentar operasi pencarian dan evakuasi para korban yang dilakukan oleh ratusan personel tim SAR gabungan untuk selanjutnya kembali dilanjutkan pagi ini (hari ketiga).

Sebelumnya, pusat koordinasi operasi SAR Basarnas menerima laporan terjadi bencana tanah longsor di area tambang rakyat di Desa Tulabolo Timur, Suwawa Timur, Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (6/7).

Peristiwa tanah longsor terjadi pada tengah malam sekitar pukul 23.45 Wita. Saat itu sebagian korban sedang beristirahat dan tertidur pulas di beberapa perkemahan atau warung yang ada di lokasi tambang.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments