Monday, July 15, 2024
HomeTNIPasiter Kodim 0819/Pasuruan Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI di Rumah Burung...

Pasiter Kodim 0819/Pasuruan Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI di Rumah Burung Hantu

Media Indo Pos,Pasuruan – Pasiter Kodim 0819/Pasuruan Lettu Arh A. Nur Hidayat mendampingi Dirjen tanaman Pangan kementan RI Dr. Ir. Suwandi, M.Si., meninjau lokasi rumah burung hantu di Desa Sambirejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Selasa (09/07/2024).

Sebelum melaksanakan kunjungan lapang, Dirjen Tanaman Pangan ini melaksanakan tatap muka dengan para kelompok tani di balai Desa Sambirejo dalam rangka gerakan masal membangun rumah burung hantu, sebagai sarana membantu petani dalam memerangi hama tikus yang diikuti ± 50 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI Dr. Ir. Suwandi, M.Si., Kepala BSIP Jatim Malang Ir. Dydik Rudy Prasetya, MMA., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pasuruan Hasbullah, S.Pd., Kadis Pertanian Kabupaten Pasuruan Ir. Lilik, M.MA., Kepala BPSIP ruminansia besar Pasuruan Diky M. Dikman, Camat Rejoso Arfian Fakhrudin, S.I.P., Danramil 0819/08 Rejoso Lettu Cpl Adia Warman, Pasiter Dim 0819/Pasuruan Lettu Arh A Nur Hidayat, Kapolsek Rejoso Iptu Agung, Kades Sambirejo Hj. Daifah, Babinsa Koramil 0819/08 Rejoso, para penyuluh pertanian Kabupaten Pasuruan dan Perwakilan Pok Tani Desa Sambirejo

Dalam sambutannya, Suwandi mengatakan bahwa hama tikus di sektor pertanian memang sangat mengancam para petani. Kebiasaan masyarakat untuk berburu burung hantu agar mulai saat ini disosialisasikan dan diedukasi untuk tidak berburu burung hantu dan ekositem yang telah dilindungi pemerintah, karena burung hantu sangat membantu para petani dalam mengatasi hama tikus yang selama ini jadi momok para petani.

“Dengan adanya burung hantu maka petani sedikitnya dapat terbantu dalam mengatasi hama tikus, dengan rumah burung hantu maka tikus akan terpantau oleh burung hantu dari rumah burung hantu yang ada, sehingga dapat menjaga ekosistim pertanian dan para petani dapat melaksanakan panen sesuai dengan harapan dan dapat meningkatkan hasil produksi,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari kelompok tani mengucapkan selamat datang Dirjen Pertanian Dr. Ir. Suwandi beserta rombongan dalam rangka Germas Rubuha.

“Kami selaku kelompok tani selalu berupaya terhadap pembasmian hama tikus, sampai kami pakai berbagai macam cara untuk membasmi namun hama tikus masih tetap saja tidak bisa berkurang. Alhamdulillah berkat ada bimbingan dan arahan dari Dinas Pertanian khususnya BPP Kecamatan Rejoso sedikit mengurangi populasi hama tikus. Selanjutnya kami mohon arahan dan petunjuk agar hama tikus segera teratasi dan hasil panen yang baik,” tutupnya.

Selsei tatap muka dengan kelompok tani, selanjutnya Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI beserta rombongan meninjau lokasi Rumah burung Hantu di area persawahan Desa sambirejo Kecamatan Rejoso, di dampingi Kadis Pertanian Kabupaten Pasuruan dan Pasiter Kodim 0819/Pasuruan.

Dalam peninjauan tersebut, Suwandi bersama kelompok tani mendirikan satu buah rumah burung hantu di area persawahan Desa Sambirejo dengan dibantu babinsa dan Pasiter Kodim 0819/Pasuruan sebagai tanda gerakan masal membangun rumah burung hantu di Kabupaten Pasuruan.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments