Sunday, July 21, 2024
HomeBerita NasionalMacan Tutul Jawa Muncul di Kuningan, Hampir Serang Warga

Macan Tutul Jawa Muncul di Kuningan, Hampir Serang Warga

Media Indo Pos,Jakarta – Kehebohan terjadi di Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Seekor macan tutul Jawa menampakkan diri dan hampir menyerang warga.

Kepala Desa Gunungmanik Juhari Haryanto menuturkan kemunculan macan tutul tersebut terjadi pada Selasa (9/7) petang sekitar pukul 17.00 WIB di Jalan Dusun Ciharja, yang berbatasan langsung dengan hutan. Salah satu warganya melihat penampakan macan tutul tersebut dan merekamnya.

“Awalnya ada warga kami saat naik motor dalam perjalanan pulang dicegat oleh macan tutul, kemudian dia turun dari motor dan menjauh. Warga tersebut kemudian berusaha mengusir macan tutul tersebut, namun bukannya pergi malah berjalan memutari motor dan sempat naik ke jok motor tersebut,” ungkap Juhari dilansir dari detikJabar, Rabu (10/7/2024).

Selang beberapa menit, lanjut Juhari, datang lima warga lain yang habis memancing ikan diikuti seekor anjing di lokasi tersebut. Kedatangan para pemancing ini ternyata menarik perhatian sang macan tutul yang seketika menghampiri seperti hendak menyerang.

“Ternyata macan tersebut mengejar anjing dan sempat menggigit kakinya hingga pengkor. Gagal memangsa anjing milik warga tersebut, si macan kemudian masuk ke semak-semak. Tapi warga sempat merekam kehadiran macan tutul tersebut lalu melaporkannya ke perangkat desa,” ungkap Juhari.

Juhari pun mengaku telah dihubungi petugas dari BKSDA Cirebon terkait temuan satwa langka tersebut. BKSDA menyarankan pihaknya tetap waspada.

“Petugas BKSDA menyarankan agar kami tetap waspada dan berjaga dari kemungkinan macan tutul tersebut datang lagi. Jika nanti muncul lagi, katanya jangan diganggu karena merupakan satwa dilindungi dan diminta segera menghubungi petugas BKSDA saja. Mudah-mudahan saja macan tersebut tidak datang lagi dan tidak memangsa ternak apalagi menyerang warga,” ujar Juhari.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments