Monday, July 22, 2024
HomeSportMenpora: Bulutangkis Harapan Emas Indonesia di Olimpiade 2024

Menpora: Bulutangkis Harapan Emas Indonesia di Olimpiade 2024

Media Indo Pos,Jakarta – Menpora Dito Ariotedjo mengatakan bulutangkis menjadi cabang olahraga harapan untuk meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Selain dari angkat besi dan panjat tebing. Politikus Golkar itu mengutarakan itu karena secara perhitungan ketiga cabang itu punya potensi besar.

“Pastinya untuk emas kami banyak berharap dari badminton,” kata Dito usai melakukan pengukuhan Tim Indonesia di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

“Dan juga dilihat dari kualifikasi, kami harus jaga di wall climbing dan angkat besi. Itu cabor yang secara hitungan punya potensi besar untuk medali,” ujarnya.

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang paling berprestasi dalam perjalanan Indonesia di Olimpiade. Mereka hampir tak pernah absen memberikan medali emas bagi Indonesia di Olimpiade, multiajang olahraga paling besar sejagat raya.

Satu-satunya kekosongan medali emas dari Indonesia terjadi di Olimpiade 2012 London. Saat ini, bulutangkis Indonesia sudah mengantongi 21 medali lewat pahlawan-pahlawan bulutangkisnya. Delapan di antaranya merupakan medali emas.

Nah, di Paris nanti, bulutangkis mengirimkan sembilan wakil terbaiknya dari lima sektor. Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianti memiliki peluang besar meraih medali mengingat atlet-atlet tersebut langganan juara di turnamen-turnamen besar. Selain secara peringkat dunia mereka juga bertengger di 10 besar.

Begitu pun, panjat tebing melalui Veddriq Leonardo merupakan langganan juara di seri-seri World Cup. Di tahun ini, ia menjadi juara di Olympic Qualifier SEries Shanghai. Sementara di tahun lalu ia tercatat tiga kali menjadi juara di IfSC World Cup Salt Lake City dan Seoul, serta NEOM IFSC Masters 2023.

Sementara dari cabang olahraga angkat besi, Indonesia punya atlet kawakan Eko Yuli Irawan. Olimpiade Paris 2024 merupakan Olimpiade kelimanya. Eko tercatat sudah mendapatkan empat medali dengan rincian dua medali perak dan dua medali perunggu di tiga kelas berbada yaitu 56kg, 62kg, dan 61 kg.

“Kami berharap di Olimpiade ini banyak kejutan dan prestasinya sangat baik,” kata Dito.

Olimpiade Paris 2024 akan diselenggarakan di Paris, pada 26 Juli-11 Agustus. Indonesia diperkuat 29 atlet dari 12 cabang olahraga. Terdiri dari 16 atlet putra dan 13 putri, dan didampingi 20 pelatih, 9 ofisial, dan 28 headquarter, yang dipimpin CdM yang terdiri dari tenaga pendukung medis, sport perfomance, dan media. Adapun totalnya 86 orang.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments