Saturday, July 13, 2024
HomePolitikPKB 'Welcome' Jika Kaesang Diusulkan Jadi Cawagub Anies

PKB ‘Welcome’ Jika Kaesang Diusulkan Jadi Cawagub Anies

Media Indo Pos,Jakarta – PKB mengatakan masih ada kemungkinan nama Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep menjadi cawagub pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. PKB mengaku terbuka dengan kemungkinan tersebut.

“Mungkin saja, kan dari awal PKB DKI sudah menyatakan terbuka dan welcome untuk pendamping Anies,” kata Ketua DPP PKB, Daniel Johan saat dihubungi, Selasa (9/7/2024).

Daniel menuturkan sampai saat ini belum ada calon yang mendaftar ke PKB untuk menjadi cawagub Jakarta. Termasuk juga Kaesang. “Sejauh ini belum ada calon lain yang daftar yah. Termasuk Mas Kaesang belum daftar ke PKB,” ujarnya.

Diketahui, DPW PKB DKI Jakarta mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan pada Rabu (12/6/2024). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerima dukungan dari PKB.

Sebelumnya, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menyebut nama Ketum PSI, Kaesang Pangarep, menarik untuk Pilgub Jakarta 2024. Namun, Syaikhu menegaskan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS sudah menentukan Anies Baswedan-Sohibul Iman.

“Ya sangat menarik, tetapi semua kan dalam rangka kalau di PKS itu harus diputuskan dalam musyawarah dalam DPTP. Hanya saja di musyawarah DPTP yang lalu, keputusan yang sudah dikeluarkan adalah tadi Anies-Sohibul,” kata Syaikhu di kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).

Meski begitu, Syaikhu menjelaskan PKS akan melakukan pembahasan jika ada usulan nama baru yang muncul. Dia pun menyebut kolaborasi PKS dengan PSI bisa terjadi di banyak daerah lainnya.

“Ya tentu kita kalau memang ada usulan baru, tentu kita harus bahas kembali di DPTD, apakah setuju atau tidak. Jadi ini mekanisme yang ada di PKS, saya kira sudah jelas seperti itu. Tetapi kan masih sangat terbuka di daerah-daerah lain kan juga kita bisa bersama-sama antara PKS dan PSI,” jelas Syaikhu.

Dalam pertemuan itu, Kaesang Pangarep, juga bicara terkait Pilkada Jakarta 2024. Kaesang berpendapat, seharusnya PKS sebagai pemenang Pemilu 2024 di Jakarta, mengusung calon gubernur.

“Di forum tadi, sudah pasti saya tidak menyodorkan nama saya ke DPP PKS, untuk mengenai koalisi yang akan segera dibangun oleh DPP PKS yang mengusung Pak Anies dan Pak Sohibul itu nanti kami akan bahas kembali di PSI,” kata Kaesang.

Kaesang lalu berpendapat terkait Pilkada Jakarta 2024. Menurutnya, PKS lebih layak mengusung kadernya sendiri untuk maju Pilgub Jakarta.

“Ya ini menurut saya pribadi ya pak, Presiden PKS ini sebagai pemenang pemilu di Jakarta, punya 18 kursi, saya rasa sebenarnya Pak Presiden PKS harusnya menjadi gubernur. Sebagai pemenang di Jakarta, saya rasa jauh lebih elok kalau mengusung gubernur. Ya kurang lebih seperti itu (kader PKS jadi gubernur),” ucap Kaesang.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments