Saturday, July 13, 2024
HomeHukum & KriminalPolisi Lama Tahu Pelarian 'Bang Jago' Tapi Terkendala Nangkap, Kenapa?

Polisi Lama Tahu Pelarian ‘Bang Jago’ Tapi Terkendala Nangkap, Kenapa?

Media Indo Pos,Jakarta – Ryan Fauzi (31) melarikan diri usai merampas handphone (HP) wanita di sebuah warteg di Jakarta Barat (Jakbar). Polisi langsung mengusut sosok ‘bang jago’ bergolok setelah terjadi peristiwa perampasan.

“Selama kabur saat di Kuningan untuk si pelaku Ryan itu merupakan kampungnya,” kata Kanit Reskrim Polsek Grogol Petamburan, AKP Muhammad Aprino Tamara, Rabu (10/7/2024).

Polisi sudah mengidentifikasi sosok ‘bang jago’ bergolok tersebut sepekan setelah kejadian. Polsek Grogol Petamburan berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk menangkap pelaku.

Dia mengatakan Ryan benar-benar menutup diri setelah tahu sosoknya viral saat merampas HP wanita di warteg. Ryan juga menjauhi keramaian dan menutup komunikasi dengan orang lain.

Kondisi tersebut membuat polisi membutuhkan waktu lebih untuk memastikan dapat menangkap Ryan yang sedang dalam pelarian di kampungnya di Jawa Barat (Jabar).

“Pada awalnya kita gelap, kenapa, sebenarnya ini juga suatu kejadian apabila viral, pelaku tahu muka dia kemana-mana dan kita juga kesulitan,” kata AKP Aprino.

“Memang kita tahu rumahnya dari 1 minggu setelah kejadian, kita sudah tahu rumahnya di sana, cuma nggak tahu orangnya seperti apa, cuman ya kita tidak tahu dia ke mana karena dia setelah itu dia tidak ada komunikasi dan menyendiri,” ucap dia.

Tersangka Ryan sudah menyadari dirinya melanggar pidana dan dicari aparat penegak hukum. Polisi menyebut Ryan juga selalu bersiaga untuk kabur.

“Pada saat itu memang sempat mau kabur karena yang bersangkutan sudah mulai safety karena viralnya (di media sosial) dia jadi (setiap) melihat orang sudah bersiaga,” ucapnya.

Ketika proses penangkapan, ‘bang jago’ sempat melakukan perlawanan dan mencoba kabur. Polisi pun menembak kaki tersangka untuk melumpuhkannya.

“Dia mencoba untuk kabur, karena dengan menyerang pihak polisi. Lalu pas dia kabur mencoba lari, kita melakukan tindakan,” jelas Aprino.

Sebelumnya, Kapolsek Grogol Petamburan Kompol Muharram Wibisono mengatakan polisi melepas tembakan karena pelaku melawan petugas ketika hendak diamankan. Tersangka juga sempat menggunakan barang-barang yang ada di sekitar agar bisa kabur.

“Ya, jadi saya tekankan lagi, jadi untuk yang bersangkutan, kenapa kita melakukan tindakan tegas terukur, karena yang bersangkutan ini, pada awalnya ingin melarikan diri. Ketika mau melarikan diri, dan kita dari petugas berusaha untuk mengamankan kembali, yang bersangkutan melakukan perlawanan,” kata Kompol Wibisono.

Meski ada perlawanan dari ‘bang jago’, petugas petugas dari Reskrim Polsek Gropet tidak ada yang mengalami luka.

“Namun karena perlawanan itu, kita untuk mengantisipasi, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, atau mungkin dapat mengakibatkan lukanya petugas maupun orang lain, makanya anggota langsung mengambil tindakan tegas terukur pada yang bersangkutan,” lanjut Wibisono.

Rekan ‘Bang Jago’ Ditangkap
Ryan merupakan pelaku utama dalam kasus perampasan HP ini. Saat kejadian, dia didampingi rekannya, Andi Subambang. Selang beberapa hari setelah Ryan ditangkap, polisi juga membekuk Andi pada Rabu (10/7) di rumah istrinya, di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments