Saturday, July 13, 2024
HomeInternationalWorldPria Tewas Usai Tersedot Mesin Boeing 737 di Bandara Iran

Pria Tewas Usai Tersedot Mesin Boeing 737 di Bandara Iran

Media Indo Pos,Teheran – Sebuah insiden mengerikan yang melibatkan pesawat Boeing 737-500 terjadi di wilayah Iran. Seorang pria yang berprofesi sebagai mekanik pesawat tewas setelah tersedot ke dalam mesin pesawat Boeing 737-500 yang sedang menyala di area Bandara Chabahar Konarak, Iran bagian selatan.

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, Rabu (10/7/2024), seorang mekanik bernama Abolfazi Amiri itu sedang melakukan pekerjaan pemeliharaan rutin terhadap pesawat Boeing 737-500 setelah para penumpang dan awak turun dari pesawat usai penerbangan dari Teheran.

Zona aman telah ditetapkan di sekitar mesin pesawat sesuai kewajiban, namun Amiri dilaporkan kembali ke area tersebut untuk mengambil peralatannya yang tertinggal. Amiri disebut berjalan di dekat mesin pesawat yang menyala untuk mengambil peralatannya, sebelum dia tersedot secara tiba-tiba.

Insiden itu dilaporkan terjadi pada 3 Juli lalu di kompleks Bandara Internasional Chabahar Konarak.

Laporan surat kabar Bild menyebut bagian cover flap secara tidak sengaja tidak ditutup saat insiden terjadi, yang berarti Amiri tersedot ke dalam mesin pesawat jenis CFM56 yang sedang menyala dan kemudian memicu kebakaran mesin.

Para petugas pemadam kebakaran segera tiba di lokasi kejadian dan berhasil memadamkan api, namun Amiri ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Imbas insiden tersebut, pesawat Boeing 737-500 berusia 26 tahun yang dioperasikan maskapai domestik Varesh Airlines itu di-grounded sementara untuk perbaikan. Penyelidikan akan insiden tersebut telah diperintahkan oleh otoritas penerbangan Iran.

Situs informasi keselamatan penerbangan JACDEC memposting soal insiden di Iran tersebut, dengan menyebut seorang mekanik “tewas seketika” saat melakukan pemeliharaan pada mesin sebelah kanan.

Insiden serupa yang melibatkan pekerja di bandara terjadi beberapa waktu terakhir.

Salah satunya pada Mei lalu, ketika seorang pria tewas di dalam mesin pesawat jenis KLM ‘Cityhopper’ Embraer di Bandara Schipol di Amsterdam. Insiden ini didapati merupakan aksi bunuh diri setelah dilakukan penyelidikan, dengan pihak kepolisian menyebut pria itu “sengaja memanjat ke mesin pesawat”.

Insiden fatal lainnya terjadi tahun 2023, ketika seorang ibu tiga anak bernama Courtney Edwards, yang bekerja sebagai staf lapangan bandara, bergerak mendekati mesin pesawat yang menyala di Bandara Regional Montgomery di Amerika Serikat (AS). Dia tersedot ke dalam mesin dan tewas seketika.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments