Saturday, July 13, 2024
HomeBerita NasionalTerjebak Longsor, Suleman Bertahan Hidup 8 Jam dengan Setengah Botol Air

Terjebak Longsor, Suleman Bertahan Hidup 8 Jam dengan Setengah Botol Air

Media Indo Pos,Gorontalo – Nofrianto Suleman (27) bisa dievakuasi dengan selamat dari longsor tambang emas ilegal di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Nofrianto bertahan dengan mengandalkan setengah botol air minum.

“Kami terjebak selama 8 jam di dalam lubang tambang. Alhamdulillah, kami selamat dari musibah,” ujar Nofrianto Suleman kepada wartawan, dilansir dari detikSulsel, Selasa (10/7/2024).

Longsor itu terjadi di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur, Bone Bolango, pada Sabtu (6/7) sekitar 23.00 Wita. Awalnya Nofrianto dan rekannya yang juga ditemukan selamat bernama Zulpan Badjalawo (27) mendengar suara tanah bergeser.

“Kalau tidak salah, Pak, kejadian longsor itu jam 23.00 Wita. Kami itu malam ingin keluar dari lubang tambang di malam hari, tiba-tiba terdengar ada batu tanah bergeser turun ke bawah lubang dan langsung menutup jalan keluar,” terangnya.

Nofrianto mengaku berusaha menenangkan diri saat terjebak di dalam lubang yang tertutup longsor. Namun saat itu tubuhnya sudah merasa lemas.

“Masih bisa bernapas, meskipun oksigen hanya sedikit. Tenaga kami itu sudah lemah,” kata Nofrianto.

Selama 8 jam di dalam lubang, Nofrianto hanya memiliki sedikit air untuk bertahan hidup. Beruntung, tim SAR gabungan berhasil menemukannya.

“Kami hanya punya setengah air botol, ini air cuma sedikit,” sebut Nofrianto.

Diketahui, 122 orang diduga tertimbun longsor tambang emas ilegal di Bone Bolango. Hingga 9 Juli 2024 malam, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) RI melaporkan korban yang ditemukan meninggal bertambah menjadi 23 orang.

“Total tentunya sampai saat ini terevakuasi sebanyak 23 orang korban meninggal (dunia), sementara kita masih mencari sekitar 39 (orang),” kata Kusworo kepada wartawan, Selasa (9/7).(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments