Saturday, July 13, 2024
HomeTNIBabinsa Tempursari Dukung Program Ketahanan Pangan dengan Pendampingan Pompanisasi

Babinsa Tempursari Dukung Program Ketahanan Pangan dengan Pendampingan Pompanisasi

Media Indo Pos,Lumajang – Babinsa Tempursari Koramil 0821/18 Tempursari Peltu Dwi Hasim As’ari melaksanakan kegiatan pendampingan ketahanan pangan (Hanpangan) dengan memanfaatkan mesin pompa air bantuan dari Kementerian Pertanian di lahan Gapoktan Karya Tani I. Kegiatan ini berlangsung di Dusun Krajan, Desa Tempursari, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (11/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Peltu Dwi Hasim As’ari menyampaikan, bahwa kegiatan pendampingan tersebut merupakan bentuk komitmen Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mendukung program ketahanan pangan nasional di wilayah.

“Pendampingan merupakan bentuk komitmen TNI dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, di samping itu kegiatan ini untuk memastikan pompanisasi berjalan lancar sampai ke petani di wilayah,” kata Peltu Hasyim.

Dalam kegiatan tersebut, sudah dilaksanakan MOU Koramil Tempursari bekerja sama dengan Ketua Kelompok Tani (Poktan) Karya Tani I, Mujianto, beserta tiga anggota poktan lainnya. Lahan yang dikelola oleh Poktan Karya Tani I seluas 20 hektar, dengan target pengairan mencapai 1 hektar per hari.

Kegiatan itu juga untuk memastikan bahwa mesin pompa air yang diberikan oleh Kementerian Pertanian dapat digunakan secara optimal oleh para petani. Dengan adanya pendampingan dari Babinsa, diharapkan proses pompanisasi air dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang maksimal bagi para petani.

Sementara itu, Ketua Poktan Karya Tani I Mujianto  mengatakan, dengan adanya pendampingan tersebut, diharapkan para rekan petani dapat lebih termotivasi dan semangat dalam mengelola lahan pertanian mereka. Selain itu, diharapkan juga hasil panen dapat meningkat, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap ketahanan pangan nasional.

“Pendampingan dari Babinsa sangat membantu kami dalam mengoptimalkan penggunaan mesin pompa air ini. Kami berharap dengan adanya bantuan ini, hasil panen kami dapat meningkat dan mendukung program ketahanan pangan nasional,” ujar Mujianto.

Kegiatan pendampingan Hanpangan juga merupakan bagian dari upaya TNI dalam menjalin kemitraan yang baik dengan masyarakat, khususnya para petani. Selain itu, melalui kegiatan tersebut, TNI ingin menunjukkan peran aktifnya dalam mendukung pembangunan nasional, terutama di sektor pertanian.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments