Monday, July 15, 2024
HomeInternationalWorldBan Pesawat Boeing 737 Pecah-Terbakar Sebelum Lepas Landas

Ban Pesawat Boeing 737 Pecah-Terbakar Sebelum Lepas Landas

Media Indo Pos,Florida – Sebuah pesawat Boeing 737-800 yang dioperasikan maskapai American Airlines mengalami pecah ban hingga memicu kepulan asap sesaat sebelum lepas landas dilakukan di Florida, Amerika Serikat (AS). Akibat insiden tersebut, penerbangan tujuan Arizona itu mengalami penundaan jadwal.

Seperti dilansir dari Associated Press, Kamis (11/7/2024), pesawat American Airlines itu sedang melaju kencang di landasan Bandara Internasional Tampa di Florida, AS, pada Rabu (10/7) pagi waktu setempat, ketika salah satu ban pesawat tiba-tiba pecah dan terbakar.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan asap mengepul setelah salah satu ban pesawat American Airlines itu tiba-tiba pecah saat proses lepas landas berlangsung di Bandara Internasional Tampa, Florida.

Rekaman video lainnya yang diunggah ke YouTube menunjukkan pesawat sedang meluncur di landasan ketika salah satu ban belakang bagian kanan mulai berasap dan kemudian hancur. Pesawat akhirnya berhenti di ujung landasan, dan kendaraan-kendaraan darurat tiba di lokasi beberapa menit kemudian.

Menurut rekaman video yang beredar, terlihat bahwa ban bagian kanan pada pesawat American Airlines itu berasap dan terbakar. Ada video yang menunjukkan momen ban pesawat mengeluarkan percikan api dan serpihan ban tertinggal di landasan pacu di Bandara Internasional Tampa.

Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA) dan pihak maskapai American Alrines mengonfirmasi kepada media bahwa insiden itu terjadi ketika pesawat jenis Boeing 737-800 yang dioperasikannya berangkat dari Bandara Internasional Tampa menuju ke Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor di Arizona.

Insiden itu terjadi pada Rabu (10/7) pagi, sekitar pukul 07,50 waktu setempat. Maskapai American Airlines menyebut ada 174 penumpang dan enam awak di dalam pesawat yang mengalami insiden tersebut.

Dituturkan maskapai American Airlines bahwa setelah insiden ban pecah tersebut, para penumpang diturunkan dengan selamat dari pesawat dan diantarkan kembali ke terminal bandara dengan bus-bus.

“Kami tidak ingin mengganggu rencana perjalanan para pelanggan kami dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” ucap juru bicara maskapai American Airlines.

Dalam pernyataannya, maskapai American Airlines menyebut pesawat itu mengalami masalah mekanis dan FAA sedang menyelidiki lebih lanjut.

Disebutkan maskapai penerbangan yang berbasis di Texas itu bahwa tidak ada korban luka dalam insiden tersebut. Para penumpang dipindahkan ke penerbangan pengganti setelah insiden tersebut.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments