Monday, July 22, 2024
HomeInternationalChinese/ MandarinHujan Lebat Cetak Rekor Guyur China, 6 Orang Tewas

Hujan Lebat Cetak Rekor Guyur China, 6 Orang Tewas

Media Indo Pos,Beijing – Hujan lebat dengan curah hujan yang mencetak rekor mengguyur wilayah China bagian barat laut, ketika cuaca ekstrem menyelimuti musim panas di negara tersebut. Sedikitnya enam orang tewas dalam berbagai insiden yang disebabkan oleh hujan lebat tersebut.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (11/7/2024), laporan kantor berita Xinhua yang mengutip para pejabat daerah China menyebut hujan lebat mengguyur wilayah Dianjian, dekat kota besar Chongqing, mulai Rabu (10/7) malam hingga Kamis (11/7) pagi waktu setempat.

Televisi pemerintah CCTV dalam laporannya, dengan mengutip kantor pengendalian banjir daerah, menyebut sedikitnya empat orang tewas dalam “bencana geologi” dan dua orang lainnya tewas “tenggelam”.

Total enam korban tewas itu tercatat hingga Kamis (11/7) siang, sekitar pukul 13.50 waktu setempat.

Laporan Xinhua juga menyebut salah satu korban tewas setelah rumahnya ambruk, dan sedikitnya tiga orang terjebak dalam tanah longsor.

Nyaris 7.000 orang, menurut laporan Xinhua, terkena dampak hujan badai ini dan sebanyak 170 orang di antaranya diminta mengungsi ke lokasi yang aman.

Dilaporkan juga oleh Xinhua bahwa curah hujan sebesar 254,6 milimeter tercatat di beberapa area Dianjiang. Angka itu merupakan curah hujan maksimum harian tertinggi sejak pencatatan mulai dilakukan otoritas China.

China sedang mengalami musim panas yang diwarnai cuaca ekstrem, dengan hujan deras semakin sering mengguyur wilayah timur dan selatan negara tersebut, sedangkan panas terik menyelimuti sebagian besar wilayah utara negara itu akibat gelombang panas.

China disebut sebagai penghasil emisi gas rumah kaca terbesar di dunia, yang menurut para ilmuwan, telah mendorong perubahan iklim dan membuat cuaca ekstrem lebih mungkin terjadi.

Beijing telah berkomitmen untuk mencapai puncak emisi karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global pada tahun 2030 dan mencapai angka nol pada tahun 2060.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments